EVALUASI DAN PERENCANAAN ULANG GEOMETRIK JALAN SITINJAU LAUIK TIKUNGAN PANORAMA 1

Hafiqi, Furqan (2024) EVALUASI DAN PERENCANAAN ULANG GEOMETRIK JALAN SITINJAU LAUIK TIKUNGAN PANORAMA 1. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00.COVER.pdf - Accepted Version

Download (736kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01.BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02.BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03.BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (339kB)

Abstract

Jalan raya berperan penting dalam mendukung mobilitas dan pertumbuhan ekonomi, sehingga aspek keselamatan harus menjadi prioritas dalam perencanaannya. Ruas jalan yang menghubungkan Kota Padang dan Kota Solok, khususnya di kawasan Sitinjau Lauik, menghadapi tantangan topografi ekstrem dengan kemiringan curam dan tikungan tajam, menjadikannya area rawan kecelakaan. Penelitian ini mengevaluasi kondisi geometrik jalan di Sitinjau Lauik Panorama 1, dengan fokus pada tikungan P1, P2, dan P3, berdasarkan Pedoman desain geometrik jalan Bina marga 2021. Temuan menunjukkan beberapa masalah kritis, seperti radius tikungan P2 yang hanya 8,833 meter, jauh di bawah standar minimum 10,126 meter, sehingga menyulitkan kendaraan besar untuk bermanuver dengan aman. Superelevasi pada tikungan P1 (1,16%) dan P3 (1%) berada di bawah batas minimum 2%, meningkatkan risiko kendaraan tergelincir, sementara superelevasi pada tikungan P2 (11,6%) melebihi batas maksimum 8%, yang dapat menyebabkan kendaraan terguling. Selain itu, pelebaran tikungan P2 hanya 7 meter, di bawah standar minimum 8,265 meter, yang juga meningkatkan risiko kecelakaan. Perbaikan dilakukan dengan memperbesar radius tikungan, menyesuaikan superelevasi, dan melebarkan tikungan untuk mengurangi angka kecelakaan dan meningkatkan keselamatan serta kenyamanan pengguna jalan di jalur berbahaya ini.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Geometrik Jalan, Bina Marga 2021, Keselamatan jalan raya.
Subjects: Civil Engineering > Highway
Civil Engineering
Thesis > Thesis (S1)
Depositing User: Furqan Hafiqi
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:53
Last Modified: 17 Sep 2024 07:38
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10717

Actions (login required)

View Item View Item