Anandita, Aira (2025) Dampak Kredibilitas dan Engagement rate Key Opinion Leader (KOL) Terhadap Minat Beli Konsumen: Studi Kasus Endorsement Rachel Vennya pada Brand Kuliner Ayam Goreng BuTumbar di Instagram. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
File 00.Cover- Aira Anandita.pdf - Accepted Version Download (290kB) |
![]() |
Text (BAB I-III)
File 01.BAB I-III - Aira Anandita.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (413kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
File 02.BAB IV - Aira Anandita.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (598kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
File 03.BAB V - Aira Anandita.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (18kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File 04.DAFTAR PUSTAKA - Aira Anandita.pdf - Accepted Version Download (83kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
File 05.LAMPIRAN - Aira Anandita.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan pesat media sosial telah mengubah strategi pemasaran digital secara signifikan, khususnya melalui penggunaan Key Opinion Leader (KOL) sebagai sarana promosi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kredibilitas dan engagement rate KOL terhadap minat beli konsumen, dengan studi kasus Endorsement Rachel Vennya terhadap Brand kuliner Ayam Goreng BuTumbar di Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan pengikut Rachel Vennya di Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik kredibilitas maupun engagement rate KOL memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Kredibilitas KOL, yang meliputi keahlian, kepercayaan, dan daya tarik, berperan penting dalam membangun persepsi positif konsumen terhadap produk. Sementara itu, engagement rate mencerminkan tingkat interaksi audiens terhadap konten yang dipublikasikan, yang berkontribusi terhadap peningkatan intensi beli. Temuan ini menegaskan bahwa pemilihan KOL yang tepat dengan tingkat kredibilitas dan engagement yang tinggi dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan minat beli konsumen, khususnya dalam industri Food and Beverage (F&B).
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kredibilitas, Engagement rate, Key Opinion Leader (KOL), Minat Beli, Endorsement, Pemasaran Digital, Industri F&B. |
Subjects: | Business > Advertising Management > Business Plan > Business > Advertising Marketing > Advertising Marketing > Branding (Marketing) Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Aira Anandita |
Date Deposited: | 23 May 2025 09:55 |
Last Modified: | 23 May 2025 09:55 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11626 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |