Pradana, Abimanyu Kukuh (2025) Analisis Determinan Pemilihan Moda Transportasi Pulang-Pergi Tempat Kerja untuk Perbaikan Layanan Transportasi Umum (Pegawai Kantor PT. XYZ berdomisili Bekasi). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
00. COVER.pdf - Accepted Version Download (707kB) |
![]() |
Text (BAB I - III)
01 BAB I - III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (789kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (101kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (121kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kegiatan pulang‑pergi bekerja antara Bekasi dan Jakarta menimbulkan tantangan besar terkait kemacetan, biaya, dan kenyamanan perjalanan. Penelitian ini mengkaji determinan pemilihan moda transportasi pulang‑pergi bagi pegawai PT. XYZ yang berdomisili di Bekasi, dengan tujuan merumuskan rekomendasi peningkatan layanan angkutan umum. Metode yang digunakan adalah survei kuesioner stated preference kepada 50 responden, diikuti analisis regresi linier berganda untuk menguji pengaruh variabel tarif, waktu tempuh, kenyamanan, dan keandalan layanan terhadap keputusan pemilihan moda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tarif perjalanan, waktu tempuh, dan tingkat kenyamanan berpengaruh signifikan (p < 0,05) dalam pemilihan moda; sedangkan keandalan layanan memberikan kontribusi yang lebih kecil namun tetap penting. Perbandingan biaya operasional harian mengungkap bahwa LRT Jabodebek menawarkan stabilitas dan efisiensi biaya kompetitif—terutama pada skenario tarif pulang‑pergi sebesar Rp 18.400—yang mendekati efisiensi biaya sepeda motor, serta jauh lebih hemat dibanding mobil pribadi. Keunggulan LRT dalam ketepatan waktu dan integrasi antarmoda (KRL, TransJakarta, JakLingko) juga meningkatkan daya tariknya. Berdasarkan temuan ini, direkomendasikan penyesuaian struktur tarif untuk perjalanan jarak pendek, pengembangan feeder dan park & ride, serta insentif subsidi bagi pengguna moda umum. Implementasi rekomendasi diharapkan dapat meningkatkan pangsa pasar transportasi umum dan mendukung mobilitas berkelanjutan di kawasan Jabodetabek.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemilihan moda komuter; LRT Jabodebek; perbaikan transportasi umum; regresi linier berganda; biaya perjalanan; waktu tempuh; keandalan layanan. |
Subjects: | Civil Engineering > Public Transport Management Civil Engineering > Transportation Engineering Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Abimanyu Kukuh Pradana |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 02:39 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 02:39 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12033 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |