ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA DAN WAKTU PEKERJAAN ERECTION JEMBATAN BALANCE CANTILEVER BENTANG 214,5 METER MENGGUNAKAN METODE SHORING DAN TRAVELLER PADA AREA SIDE SPAN

Nugroho, Bagas (2025) ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA DAN WAKTU PEKERJAAN ERECTION JEMBATAN BALANCE CANTILEVER BENTANG 214,5 METER MENGGUNAKAN METODE SHORING DAN TRAVELLER PADA AREA SIDE SPAN. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00.cover.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1 - III] Text (BAB 1 - III)
01.BAB I - III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (484kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan luas daratan yang besar, yaitu seluas kurang lebih 2,01 juta km2. Dengan luas wilayah yang besar tersebut, diperlukan infrastruktur sebagai sarana penghubung konektivitas antar wilayah. Pembangunan jalan tol Ruas Rengat–Pekanbaru Seksi Lingkar Pekanbaru sepanjang 30,57 km dilaksanakan guna melanjutkan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Tahap II. Jalan Lingkar Pekanbaru akan menjadi jalan penghubung antara Kota Pekanbaru dengan Kabupaten Kampar. Salah satu scope pekerjaan dalam proyek Lingkar Pekanbaru adalah pembangunan Jembatan Sungai Siak. Lokasi pekerjaan pembangunan Jembatan Siak berada pada STA 193+450 sampai dengan STA 193+650 dengan bentang jembatan mencapai 214,5 meter. Struktur jembatan menggunakan double box cantilever. Pada awalnya, metode erection yang akan digunakan pada area side span adalah metode shoring formwork. Alternatif lain yang digunakan adalah metode traveller. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan biaya serta waktu pelaksanaan antara metode shoring formwork dan metode traveller. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini meliputi analisis perhitungan waktu dan biaya yang ditinjau dari faktor lokasi, teknis, mutu dan persiapan yang sangat berpengaruh pada total durasi dan biaya pekerjaan erection. Hasil dari analisis ini adalah erection dengan metode traveller untuk pembangunan jembatan pada area side span lokasi Kampar lebih efisien dari segi waktu dan biaya dibandingkan dengan metode shoring formwork. Kata kunci: erection; shoring formwork; traveller.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: erection; shoring formwork; traveller.
Subjects: Civil Engineering > Bridge Engineering
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Bagas Nugroho
Date Deposited: 09 Sep 2025 04:23
Last Modified: 09 Sep 2025 04:23
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12191

Actions (login required)

View Item View Item