Ichsan, Nada Kamiliya (2025) HUBUNGAN MOTIF GEN Z TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PARFUME DI MARKETPLACE SOCIOLLA (Studi Kasus Pada Followers Akun Instagram @gen.pink). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (00. Cover)
00 Cover.pdf Download (882kB) |
![]() |
Text (01. BAB 1-3)
01 BAB1-3 1.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (02.BAB IV)
02.BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (03.BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (498kB) | Request a copy |
![]() |
Text (04.BAB DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (552kB) | Request a copy |
![]() |
Text (05.LAMPIRAN)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan motif konsumen Generasi Z terhadap keputusan pembelian parfum di marketplace Sociolla. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan metode survei online. Populasi penelitian adalah followers akun Instagram @gen.pink yang berjumlah 5.266 orang. Sampel sebanyak 372 responden dipilih menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus Slovin (margin of error 5%). Data dikumpulkan melalui kuesioner online berbasis Google Forms yang diukur menggunakan skala Likert 1–5. Hasil uji normalitas Kolmogorov-Smirnov menunjukkan data tidak terdistribusi normal (p = 0,000), sehingga analisis dilanjutkan dengan uji korelasi non-parametrik Spearman’s Rho. Hasil analisis menunjukkan (dengan rata-rata motif emosional lebih tinggi daripada motif rasional) koefisien korelasi Spearman’s Rho sebesar 0,619, menunjukkan hubungan positif yang kuat dan signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), yang mengindikasikan adanya hubungan positif yang signifikan dan kuat antara motif konsumen Gen Z dan keputusan pembelian parfum di Sociolla. Temuan penelitian mengungkap bahwa motif emosional (seperti identitas diri, hubungan sosial, dan ekspresi diri) dan motif rasional (seperti kualitas, keaslian produk, dan harga) secara bersama-sama memengaruhi keputusan pembelian. Gen Z memandang parfum bukan hanya sebagai produk fungsional, tetapi juga sebagai simbol identitas sosial dan media ekspresi diri. Implikasi penelitian ini memberikan wawasan bagi Sociolla dan merek parfum untuk mengoptimalkan strategi pemasaran berbasis pengalaman interaktif (live commerce), kolaborasi eksklusif, dan promosi waktu-terbatas yang sesuai dengan karakteristik Gen Z sebagai generasi digital native.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motif Konsumen, Generasi Z, Keputusan Pembelian, Parfum, Marketplace, Sociolla. |
Subjects: | Marketing > Branding (Marketing) Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Nada Kamiliya Ichsan |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 02:33 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 02:33 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12283 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |