HUBUNGAN MOTIF GEN Z TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PARFUME DI MARKETPLACE SOCIOLLA (Studi Kasus Pada Followers Akun Instagram @gen.pink)

Ichsan, Nada Kamiliya (2025) HUBUNGAN MOTIF GEN Z TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PARFUME DI MARKETPLACE SOCIOLLA (Studi Kasus Pada Followers Akun Instagram @gen.pink). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of 00. Cover] Text (00. Cover)
00 Cover.pdf

Download (882kB)
[thumbnail of 01. BAB 1-3] Text (01. BAB 1-3)
01 BAB1-3 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 02.BAB IV] Text (02.BAB IV)
02.BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of 03.BAB V] Text (03.BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[thumbnail of 04.BAB DAFTAR PUSTAKA] Text (04.BAB DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[thumbnail of 05.LAMPIRAN] Text (05.LAMPIRAN)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan motif konsumen Generasi Z terhadap keputusan pembelian parfum di marketplace Sociolla. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan metode survei online. Populasi penelitian adalah followers akun Instagram @gen.pink yang berjumlah 5.266 orang. Sampel sebanyak 372 responden dipilih menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus Slovin (margin of error 5%). Data dikumpulkan melalui kuesioner online berbasis Google Forms yang diukur menggunakan skala Likert 1–5. Hasil uji normalitas Kolmogorov-Smirnov menunjukkan data tidak terdistribusi normal (p = 0,000), sehingga analisis dilanjutkan dengan uji korelasi non-parametrik Spearman’s Rho. Hasil analisis menunjukkan (dengan rata-rata motif emosional lebih tinggi daripada motif rasional) koefisien korelasi Spearman’s Rho sebesar 0,619, menunjukkan hubungan positif yang kuat dan signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), yang mengindikasikan adanya hubungan positif yang signifikan dan kuat antara motif konsumen Gen Z dan keputusan pembelian parfum di Sociolla. Temuan penelitian mengungkap bahwa motif emosional (seperti identitas diri, hubungan sosial, dan ekspresi diri) dan motif rasional (seperti kualitas, keaslian produk, dan harga) secara bersama-sama memengaruhi keputusan pembelian. Gen Z memandang parfum bukan hanya sebagai produk fungsional, tetapi juga sebagai simbol identitas sosial dan media ekspresi diri. Implikasi penelitian ini memberikan wawasan bagi Sociolla dan merek parfum untuk mengoptimalkan strategi pemasaran berbasis pengalaman interaktif (live commerce), kolaborasi eksklusif, dan promosi waktu-terbatas yang sesuai dengan karakteristik Gen Z sebagai generasi digital native.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Motif Konsumen, Generasi Z, Keputusan Pembelian, Parfum, Marketplace, Sociolla.
Subjects: Marketing > Branding (Marketing)
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nada Kamiliya Ichsan
Date Deposited: 10 Sep 2025 02:33
Last Modified: 10 Sep 2025 02:33
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12283

Actions (login required)

View Item View Item