Analisis Deskriptif Terhadap Efektivitas Strategi Komunikasi Live Chat Dalam Meningkatkan Hubungan Pelanggan (Studi Kasus Shopee Mitrasana Authorized Store Bekasi)

Ruri, Fahmadini (2025) Analisis Deskriptif Terhadap Efektivitas Strategi Komunikasi Live Chat Dalam Meningkatkan Hubungan Pelanggan (Studi Kasus Shopee Mitrasana Authorized Store Bekasi). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover Skripsi.pdf - Accepted Version

Download (289kB)
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
BAB I - III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (720kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (18kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi komunikasi melalui fitur live chat dalam meningkatkan kualitas hubungan pelanggan pada Mitrasana Authorized Store Bekasi di platform Shopee. Strategi komunikasi yang diteliti meliputi empat indikator utama, yaitu kecepatan respon, kualitas jawaban, keramahan dan empati, serta feedback. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 131 responden yang pernah berinteraksi melalui live chat dengan toko tersebut. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk melihat distribusi tanggapan responden pada setiap indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden memberikan penilaian positif pada keempat indikator strategi komunikasi, dengan kecepatan respon menjadi indikator yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan, meskipun masih terdapat ruang perbaikan pada beberapa interaksi. Strategi komunikasi yang efektif terbukti mampu meningkatkan tiga dimensi kualitas hubungan pelanggan, yaitu kepuasan, kepercayaan, dan loyalitas. Temuan ini mengindikasikan bahwa peran admin manusia dalam live chat sektor penjualan obat-obatan melalui online sangat krusial. Terutama karena, kebutuhan pelanggan akan informasi produk obat yang cepat, akurat, dan disampaikan dengan empati. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan literatur strategi komunikasi digital khususnya pada pemanfaatan fitur live chat dalam membangun dan mempertahankan hubungan pelanggan dengan fokus pada konteks e-commerce.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi, live chat, hubungan pelanggan, e-commerce.
Subjects: Marketing
Marketing > eCommerce
Thesis
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ruri Fahmadini
Date Deposited: 12 Sep 2025 08:26
Last Modified: 12 Sep 2025 08:26
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12425

Actions (login required)

View Item View Item