Ivanputri, Gladys Arini (2018) Analisi Kepribadian Konsumen melalui Komunikasi Ulasan di Tiga Marketplace. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (pdf)
00 Cover.pdf - Submitted Version Download (2MB) | Preview |
Text (pdf)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) |
|
Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (8MB) |
|
Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (75kB) |
|
Preview |
Text (pdf)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (150kB) | Preview |
Text (pdf)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (240MB) |
Abstract
Marketplace adalah salah satu media yang di gunakan untuk memasarkan sebuah produk. Dari beberapa marketplace yang ada hanya tiga yang sering digunakan banyak orang yaitu Lazada, Bhinneka dan Prelo. Ketiga marketplace tersebut menawarkan tiga langkah mudah yang meliputi beli, bayar, dan terima barang bagi konsumen yang ingin membeli produk. Namun, melihat ulasan-ulasan yang disampaikan oleh konsumen sedikit menggambarkan bahwa kenyataan tidak sesuai dengan rencana yang ditawarkan. Oleh karena itu dilakukan penelitian mengenai analisis kepribadian konsumen dalam komunikasi ulasan pada tiga marketplace, guna mengetahui karakter dan kepribadian konsumen dengan kesediaan barang/produk dan jasa secara maksimal, agar kepuasan konsumen dapat tercapai hingga menumbuhkan kepercayaan dan dapat memberi komentar terbaik kepada masyarakat pada umumnya. Penelitian ini menggunakan content analysis dan diperoleh hasil bahwa konsumen online cenderung berkepribadian ekstrovet, terbuka dan antusias dalam berkomunikasi. Konsumen online juga cenderung penyabar, penuh pengertian dan ramah dalam komunikasi. Hasil penelitian juga memaparkan konsumen barang-barang atau produk teknologi cenderung berkepribadian rasional, teratur, dan runut dalam berkomunikasi. Konsumen teknologi juga cenderung kreatif dan imajinatif sehingga mampu memberikan penjelasan panjang lebar dan tidak kehabisan kata-kata dalam mengomunikasikan ulasannya. Sebaliknya, konsumen barang bekas cenderung kurang kreatif dan imajinatif, kaku, dan normatif dalam berkomunikasi dengan kalimat pendek-pendek dan seadanya. Sementara, konsumen goods dan fashion cenderung berkepribadian impulsif dan agresif dalam berkomunikasi.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepribadian, Konsumen, Marketplace, Ulasan |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Marketing Communications Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Gladys Arini Ivanputri |
Date Deposited: | 26 Feb 2018 04:13 |
Last Modified: | 26 Feb 2018 04:13 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1298 |
Actions (login required)
View Item |