Azizah, Kianti (2018) ANALISIS STRATEGI MEDIA RELATIONS RUMAH SAKIT UMUM PUSAT FATMAWATI DALAM PERANANNYA MENGATASI HOAKS KESEHATAN SEBAGAI UPAYA MENGELOLA BRAND IMAGE. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Preview |
Text (pdf)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (1MB) | Preview |
Text (PDF)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (603kB) | Request a copy |
|
Text (PDF)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (513kB) | Request a copy |
|
Text (PDF)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (10kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (PDF)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (193kB) | Preview |
Text (PDF)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (157kB) | Request a copy |
Abstract
Hoaks kesehatan disebut dalam Data Persatuan Wartawan Indonesia tahun 2016 - 2017 sebagai hoaks yang paling banyak beredar ditengah masyarakat. Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati sebagai institusi pelayanan kesehatan milik pemerintah dibawah naungan Kementerian Kesehatan memiliki tanggung jawab sosial untuk mengklarifikasi hoaks tersebut dengan menyampaikan informasi yang benar. Pengklarifikasian ini dapat dilakukan melalui media massa sehingga media relations diperlukan untuk mendukung hal tersebut. Penelitian ini berfokus pada peran media relations yang dilakukan oleh RSUP Fatmawati dalam peranannya mengatasi hoaks kesehatan dalam upaya mengelola brand image. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi dan studi pustaka. Objek penelitian ini adalah Instalasi Promosi Kesehatan dan Hubungan Masyarakat RSUP Fatmawati. Penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Fatmawati terkait hoaks kesehatan ini adalah dengan memfasilitasi wartawan untuk wawancara, melakukan round table discussion dan tur media. Namun, Fatmawati belum bersikap proaktif untuk terlebih dahulu memberikan informasi atau narasumber. Jadi, Fatmawati baru sebatas menanggapi. Simpulan dalam penelitian ini adalah media relations yang paling utama untuk mengelola brand image dalam peranannya mengatasi hoaks kesehatan adalah round table discussion, tour media dan wawancara media.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Relations, Hoaks Kesehatan, Brand Image. |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Marketing Communications Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | KIANTI AZIZAH |
Date Deposited: | 28 Feb 2018 05:09 |
Last Modified: | 28 Feb 2018 05:09 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1378 |
Actions (login required)
View Item |