Theresia, Claudya (2018) Perbaikan Proses Bisnis Pelayanan Kesehatan Di Bagian Pendaftaran Unit Pelayanan Jantung Terpadu RSUPN DR. Cipto Mangunkusuo. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (pdf)
00 Cover.pdf - Submitted Version Download (522kB) | Preview |
Text (pdf)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (551kB) |
|
Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (234kB) |
|
Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (550kB) |
|
Preview |
Text (pdf)
04 Daftar pustaka.pdf - Submitted Version Download (86kB) | Preview |
Text (pdf)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (310kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan pendaftaran. Hal tersebut dilakukan untuk mencapai perbaikan proses bisnis pelayanan kesehatan di bagian pendaftaran Unit Pelayanan Jantung Terpadu RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif yaitu melakukan observasi dan wawancara kepada petugas, pasien maupun keluarga pasien di mana jumlah petugas yang diwawancarai sebanyak dua orang. Teknik wawancara yang dilakukan kepada petugas, pasien maupun keluarga pasien adalah wawancara tidak berstruktur. Wawancara dilakukan penulis ketika menemukan pasien yang mengalami kesalahan pendaftaran. Jumlah pasien yang diwawancarai sebanyak empat orang. Hasil penelitian menemukan bahwa kesalahan pendaftaran yang terjadi selama periode penelitian mulai bulan November 2017 sampai dengan bulan Februari 2018, berjumlah 42 kesalahan pendaftaran. Untuk menganalisis faktor-faktor kesalahan pendaftaran, penulis melakukan analisis diagram tulang ikan yang terdiri dari faktor manusia, mesin, dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama yang menyebabkan kesalahan pendaftaran adalah faktor manusia. Hal tersebut terjadi karena petugas kurang teliti dalam melakukan pendaftaran, dan beban kerja melebihi batas yang seharusnya. Faktor lain yaitu mesin, dan jaringan yang digunakan dalam proses pendaftaran memiliki keterbatasan dalam beroperasi, dan faktor metode yaitu standar prosedur operasional yang tidak diperbaharui, pembagian tugas tidak sesuai identifikasi antrean, dan tata letak yang kurang mendukung proses pendaftaran. Pada tahap akhir, penulis mengajukan rekomendasi perbaikan alur proses bisnis yang lebih detail.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesalahan pendaftaran, faktor kesalahan pendaftaran, proses bisnis. |
Subjects: | Management > Business Process Management Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | CLAUDYA THERESIA |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 10:12 |
Last Modified: | 20 Aug 2018 10:12 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1566 |
Actions (login required)
View Item |