Khalqillah, Khalqillah (2018) PEMANFAATAN GROUP DSLR CINEMATOGRAPHY INDONESIA DI FACEBOOK DALAM PERSPEKTIF USES AND GRATIFICATION THEORY. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Preview |
Text (PDF)
00 Cover.pdf - Submitted Version Download (1MB) | Preview |
Text (PDF)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (PDF)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (589kB) |
|
Preview |
Text (PDF)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (482kB) | Preview |
Text (PDF)
05 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Meningkatnya pengguna internet di tanah air seiring membaiknya infrastruktur teknologi digital membuat pengguna media sosial di Indonesia terus bertambah. Media sosial yang masih menjadi terpopuler di dunia hingga kini adalah Facebook dengan jumlah pengguna aktif mencapai 1.968 miliar. Facebook merupakan media sosial yang memungkinkan penggunanya berinteraksi dengan orang lain di seluruh dunia. Selain itu, penggunanya juga dapat bergabung dalam sebuah komunitas sesuai dengan kebutuhan dan minat. Komunitas online DSLR Cinematography Indonesia (DCI) adalah salah satu komunitas yang menggunakan fitur group page Facebook sebagai media pertukaran informasi mengenai segala hal terkait sinematografi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengunakan teori uses and gratification yang merujuk pada lima kebutuhan khalayak yang dikemukakan oleh Katz, Gurevitch, dan Hass (1973). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan kelima informan yang tergabung dalam group DCI. Tujuan penelitian ini untuk mencari tahu kebutuhan apa saja yang diharapkan para informan saat bergabung ke dalam group DCI. Hasil penelitian menunjukkan kelima informan menjadikan group DCI sebagai salah satu sumber informasi rujukan mengenai sinematografi, pemenuhan kebutuhan akan umpan balik, sarana konektivitas, hingga bagian aktualisasi diri dan pengukuhan kredibilitas profesi.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Uses and gratification, Media Sosial, Facebook, Lima Kebutuhan Khalayak |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Mass Media Communication Communication Science > Mass Media Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | KHALQILLAH KHALQILLAH |
Date Deposited: | 28 Aug 2018 09:01 |
Last Modified: | 28 Aug 2018 09:01 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1651 |
Actions (login required)
View Item |