Islam, Muhammad (2018) Representasi Gaya Hidup Remaja Kaum Urban Dalam Iklan Axis Bronet 4G #OWSEM (Analisis Semiotika Roland Barthes). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (PDF)
(00. Cover).pdf - Submitted Version Download (3MB) | Preview |
Text (PDF)
(01. BAB I-III).pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (733kB) | Request a copy |
|
Text (PDF)
(02. BAB IV).pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (PDF)
(03. BAB V).pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (267kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (PDF)
(04. BAB Daftar Pustaka).pdf - Submitted Version Download (474kB) | Preview |
Text (PDF)
(05. Lampiran).pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (406kB) | Request a copy |
Abstract
Sekarang ini, iklan telah berkembang sebagai industri kreatif yang tidak hanya mempunyai nilai jual suatu jasa atau produk. Selain itu, pada saat ini iklan tidak hanya ditayangkan di televisi melainkan di media baru seperti halnya youtube. Selain bersifat persuasif iklan juga mengandung banyak tanda yang menampilkan realitas sosial tertentu, dimana khalayak dapat melakukan interpretasi makna yang terdapat dalam iklan. Tanda-tanda tersebut antara lain terdiri dari tanda verbal (Judul, slogan dan naskah iklan) dan tanda non-verbal (visualisasi, ilustrasi dan sinematik). Iklan Axis Bronet 4G #OWSEM adalah salah satu iklan di televisi yang tanda dan maknanya mengarah kepada suatu realitas sosial, yaitu gaya hidup remaja kaum urban. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengungkapkan tentang: (1) Makna denotatif yang terdapat dalam iklan, (2) Makna konotatif yang terdapat dalam iklan, (3) Mitos yang dibentuk melalui sistem tanda dalam iklan Axis Bronet 4G #OWSEM, (4) Representasi gaya hidup remaja kaum urban melalui iklan Axis Bronet 4G #OWSEM. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode semiotika dari Roland Barthes. Melalui metode semiotika tanda verbal dan non-verbal dalam iklan dapat dianalisis melalui petanda dan penandanya, kemudian dianalisis berdasarkan denotative dan konotatif, sehingga peneliti menemukan mitos-mitos yang menyertainya. Subjek penelitian mengambil iklan televisi Axis Bronet 4G #OWSEM yang ditayangkan pada tahun 2018. Hasil penelitian menunjukan bahwa iklan Axis mengambarkan mitos yang ada dalam gaya hidup remaja kaum urban, seperti aktivitas nongkrong dan penggunaan smartphone untuk selfie mengkonotasikan kelas dan prestise masyarakat urban. Serta perilaku masyarakat urban yang selalu mengikuti gaya hidup modern.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Representasi, Gaya Hidup Kaum Urban, Iklan, Axis, Semiotika, Roland Barthes |
Subjects: | Communication Science > Marketing Communications Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Muhammad Islam |
Date Deposited: | 31 Aug 2018 05:03 |
Last Modified: | 31 Aug 2018 05:03 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1813 |
Actions (login required)
View Item |