Aristianto, Toni (2018) REPRESENTASI KELAS SOSIAL DENGAN STUDI SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE PADA IKLAN DANCOW EXCELNUTRI+ #KARENABUNDA EDISI MOTHER’S DAY 2016 DI YOUTUBE. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (pdf)
00 Cover.pdf - Submitted Version Download (346kB) | Preview |
Text (pdf)
01. Bab I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text (pdf)
02. Bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (pdf)
03. Bab V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (47kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (pdf)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (46kB) | Preview |
Text (pdf)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (52kB) | Request a copy |
Abstract
Produk-produk susu (kategori FMCG brands) banyak yang membingkai budaya minum susu dengan latar belakang keluarga yang mapan untuk direpresentasikan dalam iklan mereka. Seperti halnya iklan Dancow Excelnutri+ #KarenaBunda edisi mother’s day 2016 di YouTube. Untuk menganalisisnya, penelitian ini menggunakan semiotika Charles Sanders Peirce, di mana tanda-tanda pada iklan tersebut diinterpretasi secara mendalam sehingga mendapatkan penjelasan terperinci tentang kandungan makna dari tanda-tanda kelas sosial yang diteliti. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana tanda-tanda kelas sosial itu direpresentasikan dalam objek penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini adalah bahwa target konsumen produk susu Dancow Excelnutri+ itu menyasar masyarakat dengan kelas sosial menengah atau bahkan level atas, atau menurut Max Weber, mereka itu tergolong sebagai kelas profesional (white collar professionals). Walaupun penayangan konten iklan berasal dari turunan objektif global karena brand Dancow di bawah naungan Nestlé dengan instruksi dan kendali dari global, sebaiknya pengiklan mampu menyesuaikan pesan dari brand melalui iklan kepada masyarakat bahwa susu balita itu mampu menyehatkan, dan kesehatan adalah hak dari setiap anak. Jadi, tidak peduli dengan predikat kelas sosialnya seperti apa sehingga tidak harus selalu menampilkan sesuatu yang glamor atau mewah untuk sekadar menarik minat orang untuk membeli.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | susu balita, semiotika, kelas sosial, keluarga, video iklan |
Subjects: | Business > Advertising Management > Business Plan > Business > Advertising Marketing > Advertising Marketing > Branding (Marketing) Marketing > Commercial Products Communication Science > Marketing Communications Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Toni Aristianto |
Date Deposited: | 31 Aug 2018 08:14 |
Last Modified: | 31 Aug 2018 09:36 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1872 |
Actions (login required)
View Item |