Malinda, Selly (2019) Pengaruh Kualitas Informasi Aplikasi Mobile JKN Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Peserta BPJS Kesehatan. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (pdf)
00 Cover.pdf - Submitted Version Download (997kB) | Preview |
Text (pdf)
01.BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (501kB) |
|
Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (85kB) |
|
Preview |
Text (pdf)
04 Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (82kB) | Preview |
Text (pdf)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (241kB) |
Abstract
Dengan adanya perkembangan komunikasi pemasaran yang terus berkembang untuk sarana komunikasinya, manusia semakin mengandalkan teknologi untuk melakukan pertukaran informasi melalui digital komunikasi pemasaran menggunakan telepon genggam yang difasilitasi dengan aplikasi mobile atau biasa dikenal dengan sebutan Mobile Apps. Dengan hal ini, Jaminan Kesehatan Nasional khususnya BPJS Kesehatan memutuskan untuk memanfaatkan teknologi dengan menciptakan Mobile JKN untuk mempermudah aktivitas kepesertaan BPJS Kesehatan. Dalam penelitian ini, peneliti meneliti bagaimana aplikasi Mobile JKN memiliki kualitas informasi yang mempengaruhi kepuasan peserta BPJS Kesehatan sebagai pengguna. Kualitas informasi sebagai variabel independen terdapat dimensi akurat, ketepatan waktu, relevan, dan lengkap, sedangkan untuk variabel dependen yaitu kepuasan pengguna dengan dimensi kualitas produk, kualitas layanan, faktor emosional, dan kemudahan. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif eksplanatif dengan teknik pengumpulan data purposive sampling yang memerlukan penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Hasil data responden kemudian diuji dengan uji regresi linear sederhana menggunakan SPSS. Penelitian menunjukkan besar pengaruh kualitas informasi pada aplikasi Mobile JKN terhadap kepuasan peserta BPJS Kesehatan secara signifikan ke arah positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, nilai ketepatan waktu pada kualitas informasi dan faktor emosional pada kepuasan pengguna memiliki proporsi yang menonjol dibandingkan dimensi lainnya. Kata Kunci : Digital komunikasi pemasaran, aplikasi mobile, kualitas informasi, Kepuasan pengguna Mobile JKN
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital komunikasi pemasaran, aplikasi mobile, kualitas informasi, Kepuasan pengguna Mobile JKN. Digital Communication Marketing, Mobile Application, Information Quality, Satisfaction of Mobile JKN users. |
Subjects: | Communication Science > Marketing Communications Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Selly Malinda |
Date Deposited: | 23 Aug 2019 09:47 |
Last Modified: | 23 Aug 2019 09:47 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2896 |
Actions (login required)
View Item |