Ananda, Dwi Rizqa (2019) Analisis Brand Positioning Cable News Network Indonesia (CNN Indonesia) Sebagai Layar Pemilu Tepercaya: Ditinjau dari Program “Layar Pemilu Tepercaya” CNN Indonesia Menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah Tahun 2018 dan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019. Tugas Akhir (S1) - thesis, Univesritas Bakrie.
Preview |
Text (pdf)
00 Cover.docx.pdf - Submitted Version Download (513kB) | Preview |
Text (pdf)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (894kB) | Request a copy |
|
Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (601kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (pdf)
04 Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (233kB) | Preview |
Text (pdf)
05 Lampiran.docx.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (513kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan media adalah salah satu bentuk dari perkembangan zaman. Penestrasi media di Indonesia menunjukan media elektronik televisi masih menduduki peringkat teratas. Namun, karena urusan kepemilikan modal sangat mungkin membuat media televisi berafiliasi dengan pihak tertentu, terutama pada penyelenggaraan pem¬ilu. CNN Indonesia hadir dengan pemberitaan yang berimbang dan aktual, tanpa memihak kepentingan politik tertentu. Skripsi ini menganalisis mengenai brand positioning dari CNN Indonesia melalui peninjauan program “Layar Pemilu Tepercaya” CNN Indonesia Ketika Pemilihan Umum Kepala Daerah Tahun 2018 dan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019. Yang dianalisis adalah konten, positioning, dan diferensiasi program Layar Pemilu Terpercaya. Karena di era Pemilu, hampir semua media TV memiliki program khusus pemilu seperti yang dilakukan CNN Indonesia. Penulis berargumen bahwa CNN Indonesia cukup berhasil untuk mengambil kepercayaan publik di tengah pemberitaan yang 'berat sebelah', sayangnya upaya untuk diferensiasi produk masih kurang mampu membedakan dengan produk pemberitaan TV lain. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menganalisis data primer dan data sekunder. Teori yang digunakan permasalahan diatas mengadopsi teori Brand Positioning dari Al Ries dan Jack Trout yang semulanya digunakan menganalisis produk namun diaplikasikan kepada program televisi. Al Ries dan Jack Trout mengidentifikasi Brand Positioning menjadi dua indikator, yakni positioning dan diferensiasi. Penelitian ini membuktikan brand positioning mampu mengambil minat dari konsumen, walaupun perlu dievaluasi kembali terkait diferensiasi produk.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Positioning, Diferensiasi, Pemberitaan, CNN Indonesia, Layar Pemilu Tepercaya |
Subjects: | Marketing > Branding (Marketing) Communication Science > Marketing Communications Communication Science > Mass Media Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Dwi Rizqa Ananda |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 09:23 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 09:23 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3089 |
Actions (login required)
View Item |