Rohman, Rizki Fadhlur (2019) ANALISIS PERBANDINGAN PENJADWALAN MODA TRANSPORTASI BERBASIS JALAN REL TERHADAP KAPASITAS PENUMPANG/HARI UNTUK MENGAKOMODASI PERTUMBUHAN PENUMPANG. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (pdf)
00 COVER.pdf - Submitted Version Download (935kB) | Preview |
Text (pdf)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (503kB) | Request a copy |
|
Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (15kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (pdf)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (138kB) | Preview |
Text (pdf)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (747kB) | Request a copy |
Abstract
Permintaan layanan transportasi semakin meningkat seiring dengan semakin besarnya jumlah penduduk. Karena ruang yang terbatas, kota-kota besar seperti Jakarta tidak mampu memenuhi tingginya permintaan pergerakan penduduk hanya melalui penambahan jalan dan angkutan umum berkapasitas kecil, sehingga peningkatan sarana prasarana moda transportasi berbasis jalan rel yang memiliki kapasitas angkut terbesar harus dilakukan. Untuk menunjang kesuksesan operasional moda berbasis jalan rel tersebut, maka perencanaan operasionalnya harus dilakukan sebaik mungkin, termasuk masalah penjadwalan. Moda transportasi berbasis jalan rel terbaru di Jakarta direncanakan menjadi moda unggulan yang diharapkan mampu mengurai kemacetan Jakarta, dan penjadwalannya saat ini direncanakan untuk mengangkut 65.000 penumpang/ hari. Akan tetapi, terjadi lonjakan sebesar ± 30,76% terhadap jumlah penumpang pada saat 6 bulan sejak awal beroperasi yang menunjukkan bahwa perkiraan penumpang meleset dari rencana awal. Permintaan akan perjalanan akan terus meningkat, maka kemudian penelitian ini akan mencoba menyusun 2 skema baru penjadwalan dan menurunkannya menjadi kapasitas penumpang maksimum yang dapat terangkut per harinya. Skema penjadwalan baru dilakukan dengan memajukan jam operasional dan membuat 2 skenario headway, 10 & 5 menit dengan Job Shop Schedulling. Untuk melakukan penjadwalan dengan Job Shop diperlukan data waktu awal operasi, waktu perjalanan, headway antar kereta, waktu naik-turun penumpang, jumlah rangkaian kereta yang digunakan, dan proses alurnya: eksisting (frekuensi 142 perjalanan/hari dan 255.600 penumpang/hari), skema 1 (frekuensi 145 perjalanan/hari dan 261.000 penumpang/hari), serta skema 2 (frekuensi 203 perjalanan/hari dan 365.400 penumpang/hari). Dengan demikian, ke 3 skema penjadwalan mampu mengakomodasi dari pergerakan penumpang hingga 5 tahun ke depan.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penjadwalan kereta api, frekuensi perjalanan, job shop schedulling, kapasitas penumpang |
Subjects: | Civil Engineering > Transportation Engineering Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Rizki Fadhlur Rohman |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 11:50 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 11:50 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3100 |
Actions (login required)
View Item |