Yanwarin, Claudia Yoan (2020) PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN SHOPPING EMOTION SEBAGAI VARIABEL PERANTARA PADA APLIKASI E-COMMERCE (Survei Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie Pengguna Aplikasi Shopee). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00 Cover.pdf - Submitted Version Download (1MB) | Preview |
Text (BAB I, BAB II, BAB III)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (1MB) | Preview |
Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Kegiatan promosi sebuah e-commerce, apabila dilakukan dengan baik maka akan berdampak pada emosional konsumen dan memberikan hasil berupa daya tarik promosi yang dapat membuat konsumen tertarik untuk membeli bahkan melakukan impulse buying. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh antara promosi penjualan terhadap impulse buying dengan shopping emotion sebagai variabel perantara pada aplikasi e-commerce. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan dan shopping emotion terhadap impulse buying. Teori yang digunakan adalah promosi penjualan oleh Blech & Blech (2015), shopping emotion oleh Utami (2010) dan impulse buying oleh Loudon & Della (2013). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie pengguna Aplikasi Shopee. Dalam pengambilan sampel, penulis menggunakan metode simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program promosi Shopee yang mampu menstimulus dan memberikan pengaruh adalah coupons, rebates, price-off deals, ini sesuai dengan alat promosi yang dapat menstimulus dan memberikan efek secara langsung dan cepat menurut Belch & Belch (2015). Kemudian menurut Utami (2010) terdapat dua dimensi pada shopping emotion yaitu pleasure (nyaman, puas, senang) dan arousal (suka, tertarik, semangat). Berdasarkan hasil penelitian semua dimensi yang dikemukakan oleh Utami, diberikan oleh Shopee kepada konsumen sehingga mereka nyaman, puas, senang, suka, tertarik dan semangat. Faktor-faktor dari promosi penjualan dan shopping emotion tersebut yang memberikan pengaruh sehingga pembelian impulsive pun terjadi.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promosi Penjualan, Shopping Emotion, Impulse Buying, E-Commerce |
Subjects: | Marketing > Commercial Products Communication Science > Marketing Communications Marketing > eCommerce Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Claudia Yoan Yanwarin |
Date Deposited: | 10 Sep 2020 06:51 |
Last Modified: | 10 Sep 2020 06:51 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3989 |
Actions (login required)
View Item |