Pengaruh Sales Promotion terhadap Consumer Loyalty (Studi pada Brand Chatime Indonesia)

Ayu, Raden Ajeng Intan Puspita (2020) Pengaruh Sales Promotion terhadap Consumer Loyalty (Studi pada Brand Chatime Indonesia). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (858kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (979kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of BAB LAMPIRAN] Text (BAB LAMPIRAN)
05. BAB Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (882kB)

Abstract

Persaingan bisnis yang ketat menuntut perusahaan untuk melakukan strategi komunikasi yang baik dengan pelanggannya, salah satunya dengan cara melakukan Sales Promotion, mengingat bahwa pelanggan merupakan aset penting bagi sebuah perusahaan. Pada era modern seperti saat ini, banyak waralaba lokal maupun internasional di bidang industri makanan dan minuman sudah menjamur di Indonesia sehingga menciptakan sebuah fenomena baru, yaitu fenomena minum boba. Chatime sebagai brand no. 1 yang paling dikenal di Indonesia menurut Top Brand Award tahun 2019, telah melakukan berbagai alat dari Sales Promotion, seperti coupons, premiums, contest and sweeptakes, refunds and rebates, bonus packs dan price-offs. Chatime melakukan program Sales Promotion tersebut karena semakin banyak munculnya merek baru yang bergerak dibidang penjualan minuman boba. Maka, penting bagi Chatime untuk melakukan program tersebut guna bertahan pada persaingan yang kompetitif. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan Chatime yang pernah membeli dan mengonsumsi produk Chatime. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 127 orang. Teknik analisis data yang digunakan untuk adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa coupons, contest and sweeptakes dan bonus packs berpengaruh positif dan signifikan terhadap consumer loyalty sedangkan premiums, refunds and rebates, dan price-offs tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap consumer loyalty. Hal ini juga sesuai dengan teori Product Life Cycle dimana Chatime yang berada pada tahap maturity perlu melakukan promosi penjualan seperti pengurangan harga/kupon dan kontes dan tidak perlu lagi melakukan premiums, refunds and rebates, dan price-offs.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Sales promotion, consumer loyalty
Subjects: Communication Science
Customer Satisfaction
Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Raden Ajeng Intan Puspita Ayu
Date Deposited: 22 Sep 2020 12:19
Last Modified: 22 Sep 2020 12:19
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4099

Actions (login required)

View Item View Item