UTAMA, NAUFAL GALIH ALIF (2020) Pengaruh Celebrity Endorser Dokter Tirta Terhadap Minat Beli Produk Sepatu Lokal Ventela. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (COVER)
00. Cover.pdf.pdf - Submitted Version Download (510kB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01. BAB I - III.pdf.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (960kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf - Submitted Version Download (304kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
05. Lampiran.pdf.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Sebagai media sosial banyak diminati oleh masyarakat Indonesia khususnya pengguna usia muda Youtube membangun sebuah tren baru berupa konten video review. Video review membahas sebuah produk dengan mengambil sudut pandang reviewer, dalam hal ini adalah melalui seorang influencer atau celebrity endorser. Kemunculan reviewer atau celebrity endorser ini juga dimanfaatkan banyak produk sepatu lokal untuk menggunakan keahlian endorser yang memiliki ketertarikan dan kepedulian pada produk lokal untuk membahas produk sepatu melalui media sosial. Fenomena ini bersamaan dengan pergerakan industri sepatu yang menunjukan tren positif sehingga banyak produk sepatu merek lokal turut aktif untuk menggunakan platform media sosial dan celebrity endorser untuk membangun awareness dan berupaya melakukan stimulus penjualan produk, yang salah satunya dilakukan oleh produk sepatu lokal Ventela. Pemilihan celebrity endorser tidak hanya karena popularitas yang dimiliki saja. Pemilihan celebrity endorser didasarkan atas keterkaitan nilai karakteristik yang ada pada celebrity endorser seperti kejujuran, keahlian, daya tarik, pencapaian, dan kesamaan yang berkaitan dengan merek atau produk dan target pasar. Celebrity endorser yang diteliti adalah dokter Tirta yang dikenal sebagai seorang dokter yang aktif di media sosial dan melalui media yang dimilikinya dokter Tirta banyak membagi informasi mengenai fashion, khususnya produk sepatu lokal serta banyak produk sepatu lokal yang mempercayakan dokter Tirta untuk memberikan pandangannya pada produk tersebut. Penelitian ini juga didasarkan atas beberapa penelitian terdahulu yang terkait dan menyebutkan bahwa celebrity endorser memiliki pengaruh terhadap minat beli. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser dokter Tirta terhadap minat beli produk sepatu lokal Ventela. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, yaitu celebrity endorser dan minat beli. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksplanatif. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan metode cluster sampling dan simple random sampling untuk mendapatkan sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh celebrity endorser terhadap minat beli secara signifikan. Hal ini menjelaskan bahwa indikator seperti kejujuran, keahlian, daya tarik, rasa hormat dan kesamaan yang ada pada celebrity endorser memberikan pengaruh pada minat beli konsumen. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa pada dimensi trustworthiness, respect dan similarity menjadi suatu hal yang penting untuk untuk diperhatikan seorang celebrity endorser. Hasil penelitian ini menemukan fakta bahwa celebrity endorser dilihat karena kejujuran dan kebenaran informasi yang disampaikan, yang juga menjelaskan bahwa pendapatan yang disampaikan benar menggambarkan kondisi sebenarnya. Selain itu, kesamaan yang melekat pada celebrity endorser menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen, karena adanya kedekatan akan nilai tersebut serta pada penelitian ini menunjukkan bahwa popularitas, pencapaian yang juga terkait pada celebrity endorser memberikan daya tarik tersendiri bagi konsumen. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa minat eksploratif dan minat transaksional memberikan kontribusi peningkatan pada minat beli konsumen.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Celebrity Endorser, Minat Beli, Youtube, Video Review, Sepatu Lokal, Dokter Tirta |
Subjects: | Customer Satisfaction Communication Science > Marketing Communications Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Naufal Galih Alif Utama |
Date Deposited: | 23 Sep 2020 01:28 |
Last Modified: | 23 Sep 2020 01:28 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4100 |
Actions (login required)
View Item |