Suroya, Dalfa Laila (2020) Analisis Perilaku Binge-watching Pengguna Netflix. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (COVER)
00 COVER.pdf - Submitted Version Download (223kB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (799kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (900kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (74kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (73kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (141kB) | Request a copy |
Abstract
Konvergensi media memungkinkan terjadinya pergeseran cara bagaimana seseorang memenuhi kebutuhannya akan fungsi-fungsi media. Subscription Video on Demand banyak digunakan dan dicari saat seseorang perlu memenuhi kepuasaan akan tayangan hiburan. Pengguna layanan SVoD sangat mungkin memiliki kecenderungan melakukan nonton maraton atau yang akrab disebut sebagai binge-watching. Netflix sebagai salah satu layanan SVoD terpopuler saat ini pun memiliki pelanggan dengan karakteristik tersebut. Binge-watching menjadi kegiatan yang dianggap lumrah meskipun dapat menimbulkan masalah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana perilaku binge-watching pengguna Netflix dapat terbentuk. Manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan referensi dan evaluasi untuk penelitian yang akan datang terkait dengan perilaku binge-watching. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian adalah komunikasi massa, budaya populer, perilaku konsumen, dan binge-watching dengan lima motif yang mendasari perilaku tersebut yaitu; enjoyment, efficiency, recommendation of others, perceived control, dan fandom. Penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian etnografi. Sumber data utama yang digunakan dalam penelitian berasal dari wawancara mendalam para narasumber yang merupakan pengguna Netflix dengan perilaku binge-watching. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari observasi dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa ada banyak faktor dan motif yang mempengaruhi terbentuknya perilaku binge-watching. Bahkan, Netflix sendiri pun dapat mendorong terciptanya perilaku tersebut. Faktor dan motif yang lebih besar membentuk perilaku binge-watching datang dari segi sosial dan enjoyment. Untuk penelitian selanjutnya dapat mengeksplor faktor dan motif lain yang dapat membentuk perilaku binge-watching karena dapat sangat beragam dan personal bagi setiap pelakunya.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Binge-watching, Perilaku Konsumen, Netflix |
Subjects: | Communication Science > Marketing Communications Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Dalfa Laila Suroya |
Date Deposited: | 20 Nov 2020 14:23 |
Last Modified: | 20 Nov 2020 14:23 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4387 |
Actions (login required)
View Item |