Setiawan, Doni (2021) KAJIAN ESTIMASI BIAYA PEMELIHARAAN OVERHAUL ROLLINGSTOCK BERDASARKAN ANALISIS RISIKO AKTIVITAS (STUDI KASUS ROLLINGSTOCK CP108 DI PT. MRT JAKARTA). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00 Cover.pdf - Submitted Version Download (214kB) | Preview |
Text (BAB I -III)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (260kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (466kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (22kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
04 Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (20kB) | Preview |
Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (290kB) | Request a copy |
Abstract
Rollingstock adalah definisi dari sarana perkeretaapian yang merupakan kendaraan yang dapat melintas dijalan rel, didalam kegiatan operasional yang dilakukan oleh MRT Jakarta dilakukan juga kegiatan pemeliharaan rollingstock tersebut. Kegiatan pemeliharaan dilakukan untuk tetap menjaga ketersediaan, performa dan kualitas sarana agar tetap dapat beroperasi dengan normal tanpa terjadi gangguan yang secara signifikan dapat mempengaruhi kualitas pelayanan penumpang. Selain itu pemeliharaan juga ditujukan untuk selalu memastikan aspek keselamatan dan keamanan sarana selama beroperasi. Untuk menjamin kualitas tersebut salah satu kegiatan pemeliharaan yang dilakukan adalah kegiatan overhaul, oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji strategi optimasi pemeliharaan berdasarkan analisis risiko aktivitas melalui FMEA untuk menentukan komponen prioritas yang perlu dilakukan pemeliharaan overhaul dan menghitung estimasi biaya dari kegiatan tersebut. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berdasarkan analisis FMEA terhadap 10 sistem, 29 sub-sistem dan 89 komponen. Menghasilkan nilai risiko potensial tertinggi pada sistem air brake and pneumatic dengan nilai rata-rata 429,1 dan nilai risiko potensial terendah pada sistem carbody dengan nilai rata-rata 72. Nilai risiko potensial dengan tingkat tinggi dan menengah yang akan dijadikan sebagai komponen kritis dengan jumlah 26 komponen. Perhitungan biaya pemeliharaan dilakukan dengan menggabungkan biaya langsung dan biaya tidak langsung menghasilkan estimasi biaya pemeliharaan sebesar Rp2.926.368.251 per trainset, hasil penelitian ini memberikan optimasi berupa efisiensi waktu pekerjaan, efektivitas komponen berdasarkan tingkat risiko dan penghematan anggaran sebesar Rp3.673.631.749 atau sebesar 55,6% jika dibandingkan dengan best practice yang dilakukan oleh Tokyo Metro yang merupakan 10% dari biaya pembelian rollingstock baru.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rollingstock, Pemeliharaan Overhaul, FMEA, Biaya Pemeliharaan |
Subjects: | Accounting > Cost Accounting Industrial & Manufacturing Engineering > Service Industry Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Industri |
Depositing User: | Doni Setiawan |
Date Deposited: | 28 Aug 2021 05:28 |
Last Modified: | 28 Aug 2021 05:28 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/5067 |
Actions (login required)
View Item |