Ridwan, Sultan Muhammad (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK KOSMETIK DENGAN PENDEKATAN METODE SWOT PADA PT KIMIA FARMA Tbk. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
Cover.pdf - Submitted Version Download (836kB) | Preview |
Text (BAB 1)
1-3.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (450kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (523kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (14kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (7kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran pada PT. Kimia Farma Tbk. khususnya Bauran Pemasaran (Marketing Mix) yang diterapkan perusahaan. Kemudian untuk mengetahui hasil analisa Kekuatan (Strenght), Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunities) dan Tantangan (Threat) serta gambaran strateginya sehingga dapat diaplikasikan untuk peningkatan penjualan produk. Dengan menggunakan Teknik penelitian SWOT, Matriks, EFAS, dan IFAS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu studi kasus yang menghasilkan data-data deskriptif yang dituangkan dalam kata-kata. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini penulis melakukan kunjungan langsung ke PT. Kimia Farma Tbk. – National Distribution Centre (NDC) untuk melakukan wawancara pribadi dengan Logistic Manager Project terkait penyimpanan dan penyaluran produk kosmetik, selain itu melakukan kunjungan ke Bagian Marketing untuk mengumpulkan informasi terkait proses bisnis marketing serta hasil dari koresponden terkait produk kosmetik di lapangan. Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan analisis dari penelitian yang dilakukan pada PT. Kimia Farma Tbk. terkait strategi pemasaran yaitu perusahaan telah memiliki dan menjalankan strategi pemasaran dan terlihat dari perhitungan analisis SWOT yang berada di posisi kuadran II yaitu Diversifikasi. Dimana perusahaan dapat mempertahankan dan meningkatkan kekuatan yang dimiliki seperti kualitas produk dan rantai distribusi dari pabrik, distribusi dengan 48 cabang KFTD yang tersebar di seluruh provinsi Indonesia hingga outlet retail yang menyebar di seluruh daerah di Indonesia dari kota hingga pelosok dengan jumlah outlet KFA lebih dari 1000, agar konsumen tetap setia pada penggunaan produk kosmetik, melakukan pengembangan varian produk sesuai kebutuhan pasar dengan segala jenis kalangan customer sehingga dapat menambah kategori konsumen lain, hingga terus berinovasi hingga dapat tetap bersaing dengan competitor untuk mengatasi ancaman yang ada, serta kerja sama dengan outlet pihak ketiga dalam pemasaran produk kosmetik Kimia Farma yang dapat meningkatkan hasil penjualan.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SWOT, IFAS, EFAS |
Subjects: | Marketing Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Industri |
Depositing User: | Sultan Muhammad Ridwan |
Date Deposited: | 29 Dec 2021 02:59 |
Last Modified: | 29 Dec 2021 02:59 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/5604 |
Actions (login required)
View Item |