Wulandari, Febriyanti (2017) PENGARUH KREATIVITAS IKLAN DI INSTAGRAM DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP PURCHASE INTENTION (STUDI PADA APLIKASI JENIUS DI JABODETABEK). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (PDF)
01.BAB I-III.pdf - Submitted Version Download (857kB) | Preview |
Text (PDF)
02.BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (943kB) | Request a copy |
|
Text (PDF)
03.BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (12kB) | Request a copy |
|
Text (PDF)
04.BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (163kB) | Request a copy |
|
Text (PDF)
05.Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (450kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
00.Cover.pdf Download (298kB) | Preview |
Abstract
Jenius merupakan aplikasi perbankan yang dirancang dan dikembangkan oleh BTPN untuk membantu masyarakat dalam mengatur life finance secara lebih mudah, cerdas, dan aman melalui smartphone. Jenius memenawarkan cara baru dalam mengelola keuangan dengan fitur-fitur andalannya, seperti $Cashtag, Send It, Pay Me, Card Center, Split Bill, dan Dream Saver. Jenius perlu memiliki strategi beriklan yang menarik agar memengaruhi sikap konsumen terhadap marketing communication yang dilakukannya, yaitu dengan membuat iklan yang kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kreativitas iklan Jenius terhadap sikap konsumen dan purchase intention dengan menggunakan Hierarchy of Effects Model yang terdiri dari tahap kognitif, afektif dan konatif. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatitf dengan analisis Structural Equation Model (SEM). Populasi dalam penelitian ini adalah target audience iklan Jenius, yaitu pengguna media sosial Instagram yang ada di Jabodetabek dengan rentang usia 18-34 tahun. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability dengan judgement sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas iklan di Instagram berpengaruh secara signifikan terhadap sikap konsumen, yaitu pada tahap kognitif dan afektif. Aspek originality dan appropriateness dalam kreativitas iklan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tahap kognitif. Lalu, tahap kognitif tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap tahap afektif. Begitu pula dengan tahap afektif yang berpengaruh secara signifikan terhadap tahap konatif (purchase intention). Namun, kreativitas iklan ini tidak berpengaruh secara langsung terhadap tahap afektif dan konatif (purchase intention).
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Iklan, Sikap Konsumen, Purchase Intention, SEM |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Marketing Communications Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | FEBRIYANTI WULAN DARI |
Date Deposited: | 27 Mar 2017 08:00 |
Last Modified: | 27 Mar 2017 08:00 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/610 |
Actions (login required)
View Item |