Brand association yang Terbentuk pada Milenial dari Proses Merger dan Rebranding Bank Syariah Indonesia (BSI)

Ramadania, Desky (2022) Brand association yang Terbentuk pada Milenial dari Proses Merger dan Rebranding Bank Syariah Indonesia (BSI). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00.Cover.pdf - Submitted Version

Download (562kB) | Preview
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (765kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (517kB)

Abstract

Industri perbankan saat ini merupakan salah satu industri dengan persaingan yang sangat ketat. Dalam rangka menguatkan industri perbankan khususnya bank syariah, tiga bank syariah yaitu Bank Mandiri Syariah, BNI Syariah, dan BRI Syariah melakukan merger membentuk entitas baru bernama Bank Syariah Indonesia (BSI). Setelah itu rebranding yang dilakukan dengan baik diperlukan oleh BSI guna memperoleh kesan baik dari pihak eksternal terutama masyarakat dan nasabah dari kaum milenial sebagai salah satu target utama BSI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui brand association yang terbentuk pada milenial dari proses merger dan rebranding Bank Syariah Indonesia (BSI) khususnya pada dimensi application dan lifestyle personality. Digunakan teori dan konsep merger dan rebranding oleh Muzellec (2003) serta brand sssociation oleh Aaker (2015). Penelitian menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam kepada dua informan pihak BSI, enam nasabah BSI dari kaum milenial, dan seorang informan ahli. Data wawancara dianalisis dengan menilai pernyataan informan BSI dan para nasabah kepada informan ahli serta melalui studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand association dari dimensi application yang terbentuk adalah produk yang diasosiasikan semakin dekat dengan kaum milenial, friendly dan semakin mudah aplikasi dan penggunaannya berkat teknoogi yang digunakan BSI. Dalam lifestyle personality, penggunaan BSI dengan prinsip syariat islam dan penampilan desain visual modern pada setiap elemen milik BSI menjadi faktor yang membuat BSI sudah sangat dekat dengan para konsumen milenialnya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Brand Association, Bank Syariah Indonesia, Merger, Milenial,Rebranding
Subjects: Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Desky Ramadania
Date Deposited: 17 Aug 2022 10:27
Last Modified: 17 Aug 2022 10:27
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6396

Actions (login required)

View Item View Item