PENGARUH LOAD FACTOR DAN PENETAPAN HARGA TERHADAP VOLUME PENJUALAN UNTUK RUTE PASAR JAKARTA KE AMSTERDAM DI PERUSAHAN MASKAPAI KLM ROYAL DUTCH AIRLINES INDONESIA

Pamungkas, Andy Kurnia (2022) PENGARUH LOAD FACTOR DAN PENETAPAN HARGA TERHADAP VOLUME PENJUALAN UNTUK RUTE PASAR JAKARTA KE AMSTERDAM DI PERUSAHAN MASKAPAI KLM ROYAL DUTCH AIRLINES INDONESIA. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (839kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (236kB) | Preview

Abstract

Rute pasar penerbangan Jakarta ke Amsterdam merupakan rute utama bagi maskapai penerbangan KLM Royal Dutch Airlines, untuk point of sales Indonesia. Rute ini memiliki kontribusi jumlah penjualan kursi yang signifikan, yaitu sebesar 47.3% dari semua rute dengan point of commencement dari Jakarta, Indonesia di tahun 2022 as of tanggal 5 Juli 2022. Dengan relaksasi peraturan perjalanan yang berhubungan dengan COVID-19, reservasi pembelian tiket untuk rute pasar Jakarta ke Amsterdam dari point of sales Indonesia telah meningkat sebesar 15 kali lipat dibandingkan tahun 2021, atau setara dengan 36.25% dari total pembelian tiket di tahun 2019 sebelum pandemi COVID-19 . Ukuran pasar untuk rute Jakarta ke Amsterdam di tahun 2022 adalah yang paling besar diantara rute ke Amsterdam dari Singapura, Kuala Lumpur, Bangkok dan Manila. Namun demikian, dengan booking market share yang hanya sebesar 3.94% di tahun 2022, KLM Royal Dutch Airines Indonesia dinilai masih belum memiliki kemampuan yang optimal dalam menyerap volume penjualan dari point of sales Indonesia untuk rute pasar Jakarta ke Amsterdam dibandingkan dengan KLM station lainnya di Asia Tenggara. Dengan tingkat load factor (keterisian pesawat) serta tingkat harga yang bervariasi, tujuan yang ditetapkan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan dan tingkat signifikansi antara load factor dan penetapan harga terhadap volume penjualan untuk rute Jakarta ke Amsterdam oleh Maskapai KLM Royal Dutch Airlines, point of sale Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data data sekunder mengenai load factor, penetapan harga, dan volume penjualan. Data data tersebut dianalisa dengan teknik uji regresi berganda, uji signifikansi dan koefisien determinasi untuk mengetahui hubungan antara load factor dan penetapan harga terhadap volume penjualan. Landasan teori yang digunakan adalah teori hukum permintaan. Berdasarkan hasil analisa, diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara load factor dan harga terhadap volume penjualan yang sudah didapatkan. Hal ini berarti semakin tinggi load factor dan harga yang ditawarkan kepada calon konsumen, maka semakin tinggi pula volume penjualan yang sudah didapatkan. Namun, meskipun demikian perusahaan haruslah waspada karena dengan frekuensi penerbangan yang masih dua kali dalam seminggu, potensi volume penjualan kedepan menjadi sangat terbatas jikalau load factor dan harga sudah mencapai angka yang tinggi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: load factor, harga, volume penjualan, maskapai penerbangan, Amsterdam
Subjects: Business
Management > Business Plan > Business
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen
Depositing User: ANDY KURNIA PAMUNGKAS
Date Deposited: 18 Aug 2022 07:07
Last Modified: 18 Aug 2022 07:07
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6399

Actions (login required)

View Item View Item