Humaira, Fathiya Nur (2022) ANALISIS WACANA MEREK PADA IKLAN NINJA XPRESS VERSI GAK PERLU DRAMA. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (617kB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (645kB) |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (986kB) |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (233kB) |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (133kB) | Preview |
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (654kB) |
Abstract
Iklan yang dipublikasikan oleh Ninja Xpress dengan judul “Gak Perlu Drama” mengisahkan cerita kehidupan yang diambil dari fenomena kehilangan paket yang diakibatkan oleh kelalaian jasa pengiriman pada akhir tahun 2021. Fenomena ini diviralkan oleh korban yang kehilangan paket di media sosial khususnya Twitter. Ninja Xpress sebagai salah satu perusahaan jasa pengiriman di Indonesia, tentu mengupayakan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan melalui wacana yang dibunyikan dalam iklan yang mereka publikasikan. Penelitian ini berfokus kepada membahas tentang wacana merek yang ada pada iklan jasa pengiriman Ninja Xpress dengan judul “Gak Perlu Drama”. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Brand Discourse Analysis (BDA) atau analisis wacana merek yang dikembangkan oleh Wijaya. Dalam penelitian ini dilakukan observasi tekstual termasuk observasi arsip dan artefak berupa dokumentasi digital dengan mengamati dan menganalisis wacana merek pada iklan menggunakan teknik analisis data melalui empat elemen yaitu brand’s message, brand’s mode, brand’s medium, dan brand’s milieu. Dari analisis wacana merek “Gak Perlu Drama” didapatkan elemen brand’s message berupa dramatisasi melalui kisah fenomena yang divisualisasikan ke dalam iklan, brand’s mode berupa internalisasi melalui strategi promosi iklan dan event giveaway, brand’s medium berupa intermediasi melalui berbagai media sosial dan key opinion leader, dan brand’s milieu berupa penggunaan drama Korea sebagai pendukung wacana dalam menyikapi fenomena berdasarkan latar belakang perusahaan.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Iklan drama korea, Brand discourse analysis |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Marketing Communications Thesis Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Fathiya Nur Humaira |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 04:43 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 04:43 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6433 |
Actions (login required)
View Item |