Farid, Syaqi Reihan (2023) ANALISIS PERBANDINGAN EFEKTIVITAS FASILITAS PENYEBERANGAN SUNGAI UNTUK MENDUKUNG MOBILITAS PEDESTRIAN (STUDI KASUS JEMBATAN GANTUNG PASAR MINGGU). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (309kB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (77kB) |
|
Preview |
Text (BAB Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (71kB) | Preview |
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (884kB) |
Abstract
Fasilitas pejalan kaki pada Jembatan Gantung Pasar Minggu sudah melebihi kapasitas ditambah dengan tidak adanya pengaturan lalu lintas, menyebabkan pergerakan lalu lintas yang tidak beraturan karena tidak ada fasilitas khusus yang bisa digunakan oleh para pejalan kaki, sehingga lalu lintas kendaraan dan pejalan kaki bercampur dan menyebabkan penumpukan kendaraan karena harus bergantian lewat dengan pejalan kaki dan juga meningkatkan angka ketidakselamatan di jalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penilaian terkait kondisi eksisting Jembatan Gantung Pasar Minggu, menetapkan alternatif fasilitas pejalan kaki dan menentukan fasilitas yang sesuai dalam segi keamanan serta memenuhi kebutuhan transportasi untuk pejalan kaki di berbagai lokasi penyeberangan non-jalan (sungai). Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dan observasi dengan menggunakan teknik analisis persepsi pengguna dan teknik analisis multi kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi fasilitas eksisting di Jembatan Gantung Pasar Minggu yang memiliki panjang jembatan 90 meter dan lebar 3,15 meter serta kemiringan 12.8° (rata-rata), jembatan gantung Pasar Minggu diutilisasi oleh rata-rata 128,6 pergerakan pejalan kaki; rata-rata 3581,6 pergerakan sepeda motor. Adapun alternatif penyeberangan paling baik berdasarkan hasil persepsi pengguna dan juga berdasarkan multi kriteria analisis yaitu alternatif 1 (Pelebaran Jembatan) dengan nilai rata-rata sebesar 3,242 (dari skala 1 – 4).
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fasilitas penyeberangan, pejalan kaki, jembatan gantung, pelebaran jembatan, transportasi, multi kriteria analisis |
Subjects: | Civil Engineering > Transportation Engineering Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Syaqi Reihan Farid |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 01:26 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 01:26 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/7322 |
Actions (login required)
View Item |