Analisis Framing Pemberitaan Kenaikan Harga Minyak Goreng Di Kompas.com Periode 16 - 21 Maret 2022

Reskiakita, Reskiakita (2023) Analisis Framing Pemberitaan Kenaikan Harga Minyak Goreng Di Kompas.com Periode 16 - 21 Maret 2022. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00.Cover.pdf.pdf - Submitted Version

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (456kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas pemberitaan Kenaikan Harga Minyak Goreng di Kompas.com periode 16 – 21 Maret 2022. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini bagaimana Kompas.com mem-framing berita tentang kenaikan harga minyak goreng pada Media Kompas.com. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis framing Robert N. Entmant, yaitu dengan mengamati teks berita menggunakan 4 (empat) elemen, yaitu Define Problems (Pendefinisian Masalah), Diagnose Causes (Memperkirakan Masalah atau Ssmber Masalah), Make Moral Judgement (Membuat Keputusan Moral), dan Treatment Recommendation (Penekanan Penyelesaian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberitaan Kompas.com bersifat netral dan tidak memihak pada satu pihak dan selalu menjadikan topik Kenaikan Harga Minyak Goreng sebagai headline. Kompas.com juga dalam memuat pemberitaan tidak hanya menggunakan angle yang sama secara terus menerus, namun angle dibuat berbeda-beda agar berita tersebut menarik untuk dibaca. Pada dasarnya pemberitaan Kenaikan Harga Minyak Goreng dibuat untuk memberikan informasi mengenai penyebab dari kenaikan harga minyak goreng. Kata Kunci: Framing Robert N. Entman, Kenaikan Harga Minyak Goreng, Media Online Kompas.com.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Framing Robert N. Entman, Kenaikan Harga Minyak Goreng, Media Online Kompas.com.
Subjects: Communication Science > Journalism
Communication Science > Mass Media Communication
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Reskiakita
Date Deposited: 01 Mar 2023 02:36
Last Modified: 01 Mar 2023 02:36
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/7380

Actions (login required)

View Item View Item