PENGARUH PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT KUNJUNGAN KONSUMEN KE STARBUCKS SELAMA PANDEMI COVID-19 DI JAKARTA

Kurniawan, Satria (2023) PENGARUH PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT KUNJUNGAN KONSUMEN KE STARBUCKS SELAMA PANDEMI COVID-19 DI JAKARTA. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (436kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
0.3 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (530kB)

Abstract

Starbucks yang merupakan sebuah kedai kopi ternama di dunia, mematuhi larangan menerima kunjungan pelanggan untuk dine in pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Starbucks tidak mengizinkan pelanggan untuk makan di tempat. Sehingga, selama masa PSBB Starbucks hanya melayani pemesanan secara online kepada pelanggan yang ingin membeli produknya melalui delivery service yang disediakan. Namun, kebijakan penutupan tempat-tempat umum sangat mengancam keberadaan banyak bidang usaha, termasuk layanan makanan. Urgensi kebutuhan ekonomi tersebut memaksa pemerintah untuk menerapkan new normal pada 15 Juni 2020. Masyarakat dihimbau untuk menerapkan cara hidup baru dan tempat-tempat umum tertentu, termasuk industri jasa restoran, diizinkan untuk dibuka kembali dengan penerapan protokol kesehatan berdasarkan surat edaran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia no. HK.02.02/MENKES/199/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor berikut: Kepercayaan sosial, kepercayaan merek, perasaan aman, persepsi risiko Covid-19, interaksi sosial, dan perasaan senang apakah akan mempengaruhi minat konsumen untuk mengunjungi gerai Starbucks di Jakarta selama masa pandemi Covid-19. Analisis data pada penelitian ini menggunakan aplikasi SmartPLS dengan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 4 dari 6 hipotesis penelitian yang diterima yaitu: Perasaan aman yang semakin tinggi menurunkan persepsi risiko pelanggan Starbucks terhadap pandemi Covid-19, Persepsi pelanggan terhadap risiko pandemi Covid-19 berpengaruh pada minat kunjungan mereka ke gerai Starbucks, Kebutuhan akan interaksi sosial berpengaruh positif pada minat pelanggan mengunjungi gerai Starbucks di masa pandemi Covid-19, dan Perasaan senang berpengaruh pada minat pelanggan untuk mengunjungi gerai Starbucks di masa pandemi Covid-19. Sedangkan 2 hipotesis lainnya yaitu: Semakin tinggi kepercayaan sosial menyebabkan persepsi pelanggan Starbucks terhadap risiko pandemi Covid-19 menjadi semakin rendah, Semakin tinggi kepercayaan merk Starbucks dan semakin rendah persepsi risiko yang dirasakan oleh pelanggan Starbucks ditolak.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Starbucks, Starbucks di Jakarta, Minat Kunjungan, Persepsi Risiko Covid-19, Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM)
Subjects: Service Quality
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: Satria Kurniawan
Date Deposited: 24 Feb 2023 07:21
Last Modified: 24 Feb 2023 07:21
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/7461

Actions (login required)

View Item View Item