Analisa Penggunaan Brand Ambassador Idola K-Pop Sebagai Bentuk Hegemoni Budaya Pop Korea Selatan di Indonesia

Utami, Melliana (2023) Analisa Penggunaan Brand Ambassador Idola K-Pop Sebagai Bentuk Hegemoni Budaya Pop Korea Selatan di Indonesia. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00.%20Cover.pdf.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Dafpus.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Korean Wave merupakan gelombang budaya dari Korea Selatan, di mana ini adalah bagian dari diplomasi budaya yang dilakukan oleh Korea Selatan untuk menyebarkan budayanya secara global. Dengan semakin meningkatnya arus budaya Korea ini kemudian membuka jalan bagi terbentuknya hegemoni budaya di Indonesia. Hegemoni budaya ini tercipta dengan tidak sengaja sebagai tahapan selanjutnya dari diplomasi budaya yang dilakukan oleh pemerintah Korea, yang mana membuat budaya Korea digandrungi oleh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat muda Indonesia. Masyarakat Indonesia ini memiliki ketertarikan dan antusiasme yang sangat tinggi mengenai segala hal yang berbau Korea Selatan dan kemudian semakin mengiblatkan pandangan budayanya mengikuti budaya Korea Selatan. Hal ini bisa dilihat dari maraknya komodifikasi budaya yang terjadi di Indonesia, seperti misalnya penggunaan artis Korea sebagai Brand Ambassador, dijualnya makanan khas Korea melalui restoran-restoran Korea otentik, meningkatnya minat mempelajari budaya dan bahasa Korea, dan lain-lain. Namun yang paling terlihat adalah bagaimana perusahaan di Indonesia secara aktif menggunakan idola Korea sebagai Brand Ambassador dari perusahaan mereka. Komodifikasi budaya yang terjadi di Indonesia ini kemudian telah menciptakan sebuah hegemoni budaya baru, yakni hegemoni budaya Korea di Indonesia. Di dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori dari komodifikasi budaya dan cultural hegemoni untuk menjelaskan transformasi yang terjadi dari diplomasi publik menjadi sebuah bentuk imperialisme baru ini. Metode yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana transformasi ini dapat terjadi di Indonesia.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Brand Ambassador, Diplomasi Budaya, K-Wave, Komodifikasi Budaya, Hegemoni Budaya.
Subjects: Political Science > Political theory
Political Science > International Relations
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Melliana Utami
Date Deposited: 14 Aug 2023 23:54
Last Modified: 14 Aug 2023 23:54
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/7890

Actions (login required)

View Item View Item