Tsuraya, Klara Ningrum Ghina (2023) Analisis Konjoin terhadap Minat Penggunaan Shopee Pay. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Preview |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (145kB) | Preview |
Text (BAB I - III)
01. BAB I-III.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf Download (90kB) | Preview |
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
Abstract
Saat ini uang elektronik semakin berkembang dari sisi jumlah penyelenggara, jumlah uang elektronik beredar, volume transaksi, dan nominal transaksi. Menurut riset MarkPlus pada tahun 2020 menunjukan bahwa uang elektronik berbasis server atau biasa disebut e-wallet yang paling banyak digunakan di Indonesia jika didasarkan pada jumlah transaksi terbanyak per bulan adalah Shopee Pay. Sayangnya penggunaan Shopee Pay menurun di tahun 2022 berdasarkan riset yang dilakukan InsightAsia dan Populix. Penurunan tingkat penggunaan Shopee Pay yang signifikan berdasarkan berbagai survei yang dijelaskan sebelumnya menimbulkan pertanyaan terkait faktor apa saja yang mempengaruhi seseorang dalam menggunakan uang elektronik. Menurut teori Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis di tahun 1989 dan pengembangan lanjutan oleh beberapa peneliti lain diketahui bahwa faktor yang mendorong seseorang menggunakan suatu teknologi baru terdiri dari perceived ease of use, perceived usefulness, trust dan security. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mencari seberapa besar pengaruh keempat faktor yang dianggap penting dalam mendorong minat penggunaan Shopee Pay serta mendapatkan kombinasi faktor yang paling dibutuhkan pengguna Shopee Pay. Penelitian ini menggunakan metode analisis konjoin yang diproses melalui aplikasi SPSS yang hasilnya menunjukkan bahwa kepercayaan (trust) memiliki importance value tertinggi yaitu sebesar 34,04% yang diikuti oleh keamanan (security) sebesar 25,10%, persepsi terhadap kemudahan penggunaan (perceived ease of use) sebesar 23,13%, dan persepsi terhadap manfaat (perceived usefulness) sebesar 17,73%. Kombinasi ideal atas faktor�faktor yang paling diminati konsumen ketika menggunakan Shopee Pay adalah perlindungan informasi, keamanan informasi, mudah dipelajari, dan transaksi lebih cepat
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konjoin, Uang elektronik, e-wallet, Shopee Pay, Technology Acceptance Model (TAM) |
Subjects: | Management Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Klara Ningrum Ghina Tsuraya |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 10:10 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 07:51 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/7985 |
Actions (login required)
View Item |