ANALISIS PERKUATAN TANAH DASAR DI JALAN TOL INDRALAYA - BENGKULU MENGGUNAKAN METODE GEOTEXTILE WOVEN

Andary, Cindy (2023) ANALISIS PERKUATAN TANAH DASAR DI JALAN TOL INDRALAYA - BENGKULU MENGGUNAKAN METODE GEOTEXTILE WOVEN. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (805kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (766kB)

Abstract

Jalan Tol adalah salah satu akses transportasi darat yang saat ini semakin berkembang di Indonesia. Dalam kondisi tertentu, tanah dasar yang digunakan sebagai pondasi jalan tol dapat mengalami kelemahan struktural yang mengakibatkan kerusakan pada jalan. Oleh karena itu, diperlukan metode perkuatan yang efektif untuk meningkatkan daya dukung tanah dasar dan menurunkan deformasi tanah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis perkuatan tanah dasar di Jalan Tol Indralaya - Bengkulu dengan menggunakan metode geotextile woven. Metode ini melibatkan pemasangan geotextile woven yang ditempatkan di atas lapisan tanah dasar untuk meningkatkan daya dukung tanah dan menurunkan deformasi tanah. Hasil dari analisis berupa Daya Dukung yang terjadi sebelum dan sesudah dilakukan perbaikan tanah dasar menggunakan Geotextile Woven dan Penurunan Tanah yang terjadi sebelum dan sesudah dilakukan perbaikan tanah dasar menggunakan Geotextile Woven. Daya Dukung yang diperoleh untuk model pertama adalah sebesar 14 kN/m2 dengan kondisi tanpa perkuatan dan sebesar 21 kN/m2 dengan kondisi dengan perkuatan geotextile woven. Untuk model kedua, sebesar 25 kN/m2 dengan kondisi tanpa perkuatan dan 33 kN/m2 kondisi dengan perkuatan geotextile woven. Selanjutnya, diperoleh hasil analisis penurunan tanah dasar dimana untuk model pertama diperoleh sebesar -22,84 cm untuk kondisi tanpa perkuatan dan -10,86 cm untuk kondisi dengan perkuatan geotextile woven. Serta untuk model kedua, sebesar -9,64 cm kondisi tanpa perkuatan dan -8,29 kondisi dengan perkuatan geotextile woven.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Jalan Tol, Geotextile Woven, Kapasitas Daya Dukung Tanah Dasar, Penurunan Tanah Dasar, dan Metode Elemen Hingga.
Subjects: Civil Engineering > Foundation Engineering
Civil Engineering
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Cindy Andary
Date Deposited: 28 Aug 2023 10:49
Last Modified: 28 Aug 2023 10:49
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/8137

Actions (login required)

View Item View Item