Mahulauw, Mariska Jehan Saaduna (2023) Analisis Kinerja Angkutan Umum Perkotaan di Kota Ambon. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Preview |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (321kB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (425kB) |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (239kB) |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (78kB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (7kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (384kB) |
Abstract
Angkutan umum perkotaan merupakan salah satu dari tiga moda transportasi umum yang digunakan masyarakat di kota Ambon, akan tetapi dengan adanya moda transportasi yang ada masih ada masyarakat lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini menyebabkan terjadi kemacetan di Kota Ambon, oleh karena itu diperlukan penelitian mengenai kinerja dari angkutan umum perkotaan berdasarkan presepsi dari pengguna untuk mengetahui mengapa angkutan umum kurang diminati sehingga masyarakat lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi. Metode yang digunakan adalah Importance Perofrmance Analysis (IPA) melalui penyebaran kuesioner kepada 106 responden pengguna angkutan umum. Hasil dari analisis berdasarkan diagram kartesius menunjukan indikator yang masuk kuadran A (prioritas utama) yaitu 10 dan 11. Indikator yang masuk pada kuadran B (pertahankan prestasi) yaitu 3, 5, 6 dan 9. Indikator pada kuadra C (prioritas rendah) yaitu 1, 2, 4, 8 dan 11. Pada indikator 7 masuk pada kuadran D (Berlebihan). Dengan Nilai X ̿=4,132 yang menyebabkan 2 indikator prioritas utama dalam meperbaiki kualitas kinerja yaitu indikator 12 (X ̅=3,736); kebersihan dan kenyamanan dari kondisi fisik angkutan umum perkotaan, sehingga diperlukan kesadaran dari pemilik angkutan guna meperhatikan kondisi dari angkutan sehingga dapat menciptakan kenyamanan untuk penumpang saat menggunakan angkutan umum. Kemudian pada indikator 10 (X ̅=4,104); sikap dan perilaku dari pengemudi terhadap penumpang, sehingga diperlukan pelatihan dan pendidikan atau penyegaran komptensi kepada pengemudi setidaknya dua tahun sekali sesuai dengan standar pelayanan minimal yang berlaku.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Importance Performance Analysis (IPA), Angkutan Umum Perkotaan, Pelayanan Kinerja, Kota Ambon. |
Subjects: | Civil Engineering > Transportation Engineering Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Mariska Jehan Saaduna |
Date Deposited: | 30 Aug 2023 10:45 |
Last Modified: | 30 Aug 2023 10:45 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/8411 |
Actions (login required)
View Item |