PENGARUH BRAND COMMUNITY TERHADAP BRAND LOYALTY PADA GRUP MUSIK K-POP MELALUI VALUE CREATION PRACTICE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus pada Komunitas Penggemar BTS – ARMY di Indonesia)

Sabilla, Shafa Auliya (2023) PENGARUH BRAND COMMUNITY TERHADAP BRAND LOYALTY PADA GRUP MUSIK K-POP MELALUI VALUE CREATION PRACTICE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus pada Komunitas Penggemar BTS – ARMY di Indonesia). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia diketahui memiliki fanbase yang loyal dalam dunia K-Pop, dengan grup musik BTS yang memiliki banyak penggemar aktif bernama ARMY. Penggemar yang aktif dalam cenderung memiliki loyalitas lebih tinggi, seperti lebih sering membeli produk terkait BTS. Sementara, penggemar yang tidak aktif cenderung hanya mendengarkan karya musik BTS tanpa sering melakukan kegiatan transaksi untuk membeli produk terkait BTS. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh komponen Brand Community terhadap Brand Loyalty dengan penggunaan Value Creation Practice sebagai mediasi pada komunitas ARMY. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan bersifat eksplanatif dengan pengambilan sampel sebanyak 100 responden menggunakan kuisioner. Analisis data menggunakan SEM (Sctructural Equation Modeling) dengan software SmartPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Consciousness of Kind, Ritual and Tradition, dan Moral Responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap Value Creation Practice, dan Value Creation Practice berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Loyalty dengan nilai t- statistics > 1.96 dan p-value < 0.05. Sementara, Consciousness of Kind, Ritual and Tradition, dan Moral Responsibility berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Brand Loyalty dengan nilai t- statistics < 1.96 dan p-value > 0.05. Pada uji indirect effects, Value Creation Practice diterima sebagai variabel mediasi untuk semua variabel independen terhadap variabel dependen dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Komunitas Merek, Loyalitas Merek, Praktik Penciptaan Nilai, Grup Musik K-Pop, Komunitas Penggemar BTS – ARMY, SEM (Structural Equation Modeling)
Subjects: Marketing > Branding (Marketing)
Management Research
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen
Depositing User: Shafa Auliya Sabilla
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:15
Last Modified: 04 Sep 2023 02:15
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/8583

Actions (login required)

View Item View Item