Sabilla, Shafa Auliya (2023) PENGARUH BRAND COMMUNITY TERHADAP BRAND LOYALTY PADA GRUP MUSIK K-POP MELALUI VALUE CREATION PRACTICE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus pada Komunitas Penggemar BTS – ARMY di Indonesia). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (388kB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (520kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (147kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (227kB) | Preview |
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Indonesia diketahui memiliki fanbase yang loyal dalam dunia K-Pop, dengan grup musik BTS yang memiliki banyak penggemar aktif bernama ARMY. Penggemar yang aktif dalam cenderung memiliki loyalitas lebih tinggi, seperti lebih sering membeli produk terkait BTS. Sementara, penggemar yang tidak aktif cenderung hanya mendengarkan karya musik BTS tanpa sering melakukan kegiatan transaksi untuk membeli produk terkait BTS. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh komponen Brand Community terhadap Brand Loyalty dengan penggunaan Value Creation Practice sebagai mediasi pada komunitas ARMY. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan bersifat eksplanatif dengan pengambilan sampel sebanyak 100 responden menggunakan kuisioner. Analisis data menggunakan SEM (Sctructural Equation Modeling) dengan software SmartPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Consciousness of Kind, Ritual and Tradition, dan Moral Responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap Value Creation Practice, dan Value Creation Practice berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Loyalty dengan nilai t- statistics > 1.96 dan p-value < 0.05. Sementara, Consciousness of Kind, Ritual and Tradition, dan Moral Responsibility berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Brand Loyalty dengan nilai t- statistics < 1.96 dan p-value > 0.05. Pada uji indirect effects, Value Creation Practice diterima sebagai variabel mediasi untuk semua variabel independen terhadap variabel dependen dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunitas Merek, Loyalitas Merek, Praktik Penciptaan Nilai, Grup Musik K-Pop, Komunitas Penggemar BTS – ARMY, SEM (Structural Equation Modeling) |
Subjects: | Marketing > Branding (Marketing) Management Research Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Shafa Auliya Sabilla |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 02:15 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 02:15 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/8583 |
Actions (login required)
View Item |