Naulia, Mega Pertiwi (2024) ANALISIS STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM REBRANDING ALLO BANK UNTUK MEMBENTUK BRAND IMAGE. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00 Cover.pdf - Submitted Version Download (1MB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (112kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi Marketing Public Relations (MPR) dalam konteks rebranding Allo Bank guna membentuk citra merek yang positif. Mengadopsi pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif untuk mengumpulkan data berupa kata lisan, tertulis, dan tingkah laku yang diamati, sesuai dengan kerangka teoretis Taylor dan Bogdan yang diterapkan oleh Moleong (2017). Dengan mengambil pendekatan studi kasus, penelitian ini menjelaskan bagaimana strategi MPR PT Allo Bank Indonesia memperoleh respons dari masyarakat terhadap rebrandingnya. Secara keseluruhan, strategi MPR yang diterapkan oleh PT Allo Bank Indonesia telah sesuai dengan model yang diusulkan oleh Harris dan Whalen, sebagaimana dijelaskan dalam penelitian sebelumnya (Setyanto, 2018). Strategi Push terlihat melalui kerjasama dengan pihak eksternal seperti TransStudio dan Trans Mall, yang memberikan promo menarik seperti potongan harga, diskon, cashback, dan bonus saldo bagi nasabah Allo Prime dan Allo Pay Later. Di sisi lain, Strategi Pull diimplementasikan melalui kegiatan Festival Musik dan Festival Makanan, yang bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat dengan menerapkan persyaratan penggunaan Allo Prime. Meskipun Strategi Pass, yang berkaitan dengan kegiatan sosial kemasyarakatan, belum dilaksanakan secara maksimal, Allo Bank telah mengadakan kegiatan Syukuran dengan mengundang anak yatim, menandakan langkah awal implementasi strategi ini. Penelitian ini memberikan gambaran lengkap mengenai proses rebranding Allo Bank dan strategi MPR yang diterapkan untuk membentuk brand image yang diinginkan. Kesimpulannya, PT Allo Bank Indonesia telah berhasil mengadaptasi strategi MPR dengan metode kualitatif, menunjukkan keberhasilan dalam membentuk citra merek yang positif melalui strategi Push, Pull, dan langkah awal implementasi Strategi Pass.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rebranding, Marketing Public Relations (MPR), Brand Image |
Subjects: | Communication Science > Marketing Communications Communication Science > Public Relations Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mega Pertiwi Naulia |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 07:18 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 07:18 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/9076 |
Actions (login required)
View Item |