Pengujian Extended Technology Acceptance Model pada Pembayaran Digital Menggunakan ShopeePay Later

Fathikah, Siti Hawa Nur (2024) Pengujian Extended Technology Acceptance Model pada Pembayaran Digital Menggunakan ShopeePay Later. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (20kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh attitude, risk perception, perceived ease of use, perceived usefulness terhadap intention to use ShopeePay Later dan menguji intention to use terhadap actual usage ShopeePay Later pada mahasiswa Akuntansi Universitas Bakrie di DKI Jakarta. Model yang digunakan untuk menguji faktor yang memengaruhi penggnaan ShopeePay Later menggunakan extended Technology Acceptance Model (TAM). Perkembangan teknologi keuangan digital semakin mengalami kemajuan yang pesat. Hal ini memicu adanya inovasi dan revolusi metode pembayaran di masyarakat, khususnya pada kalangan generasi Z. Pemahaman akan berbagai faktor yang mampu memengaruhi ketersediaan generasi Z dalam melakukan pembayaran menggunakan teknologi keuangan digital seperti ShopeePay Later sangatlah penting. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Akuntansi Universitas Bakrie yang telah menggunakan layanan ShopeePay Later selama lebih dari 1 (satu) tahun berjumlah 105 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan probability sampling, dengan metode simple random sampling. Metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software Smart-Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived ease of use berpengaruh positif terhadap perceived usefulness, risk perception berpengaruh negatif terhadap perceived usefulness, risk perception berpengaruh negatif terhadap perceived ease of use, risk perception berpengaruh negatif terhadap attitude, perceived ease of use tidak berpengaruh terhadap attitude, perceived usefulness berpengaruh positif terhadap attitude, risk perception tidak berpengaruh terhadap intention, perceived ease of use tidak berpengaruh terhadap intention, perceived usefulness berpengaruh positif terhadap intention, attitude berperngaruh positif terhadap intention, dan intention berpengaruh positif terhadap actual usage.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Actual usage, attitude, generasi Z, intention to use, perceived ease of use, perceived usefulness, dan risk perception.
Subjects: Finance > Finance Management
Management Research > New Product Development
Marketing > eCommerce
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Siti Hawa Nur Fathikah
Date Deposited: 27 Feb 2024 09:53
Last Modified: 27 Feb 2024 09:53
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/9087

Actions (login required)

View Item View Item