Rancang Bangun Aplikasi Service Desk Berbasis Web Berpedoman Pada Integrasi Metode Website Design Method dan V-model Untuk Penanganan Insiden Kegiatan Maintenance Hardware dan Software Sub Bagian Pengelolaan Informasi Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan

Baiturrohma, Riski Puspita (2017) Rancang Bangun Aplikasi Service Desk Berbasis Web Berpedoman Pada Integrasi Metode Website Design Method dan V-model Untuk Penanganan Insiden Kegiatan Maintenance Hardware dan Software Sub Bagian Pengelolaan Informasi Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of PDF]
Preview
Text (PDF)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (675kB) | Preview
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[thumbnail of PDF] Text (PDF)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini, pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) semakin dimaksimalkan dan mencakup hampir semua lini dalam sebuah perusahaan. Untuk menjaga layanan TI pada performa terbaiknya, dibutuhkan maintenance pada hardware maupun software yang digunakan. Information Technology Infrastructure Library (ITIL) berisikan best practice pedoman tentang Information Technology Service Management (ITSM) yang pada salah satu bagiannya, yaitu Service Operation membahas tentang Service Desk untuk penanganan insiden. Observasi dan wawancara yang dilakukan di Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan pada 2015 menunjukkan bahwa dibutuhkan sebuah service desk untuk menangani insiden pada kegiatan maintenance hardware dan software yang dilakukan. Sistem paper based yang digunakan, memiliki beberapa kelemahan diantaranya dokumen yang tidak tersimpan dengan baik dan sulitnya dilakukan monitoring terhadap kegiatan ini. Untuk dapat menerapkan service desk ini, tentunya dibutuhkan pemutakhiran bisnis proses sebagai bentuk penyesuaian sehingga dibuat sebuah proses bisnis baru. Penelitian ini merancang dan membangun service desk dengan menggunakan integrasi metode Website Design Method (WSDM) dan V-model. Untuk dapat menunjang aplikasi tersebut maka dibuat sebuah RDBMS menggunakan MySQL vesi 10.1.21. Pembangunan service desk ini dilakukan menggunakan framework CodeIgniter versi 3.15 dan Bootstrap versi 3.3.7. Untuk dapat mengukur apakah penerapan service desk berjalan baik dan sesuai dengan yang dibutuhkan, dilakukan beberapa pengujian yaitu unit testing, integration testing, system testing, dan acceptance testing. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi dapat diterima dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: ITIL, service desk, integrasi WSDM dan V-model, CodeIgniter, Bootstrap, MySQL
Subjects: Computer Science
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: Riski Puspita Baiturrohma
Date Deposited: 31 Aug 2017 03:48
Last Modified: 31 Aug 2017 03:48
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/925

Actions (login required)

View Item View Item