MITOS GAYA HIDUP PEREMPUAN BERHIJAB DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Konstruksi Perempuan Berhijab di Iklan Susu HiLo Soleha Versi “Sunshine” Featuring Dian Pelangi)

Listyaningrum, Elizabeth Dyah (2017) MITOS GAYA HIDUP PEREMPUAN BERHIJAB DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Konstruksi Perempuan Berhijab di Iklan Susu HiLo Soleha Versi “Sunshine” Featuring Dian Pelangi). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (792kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01 BAB I II III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (770kB) | Request a copy
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (21kB) | Request a copy
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (17kB) | Request a copy
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy

Abstract

Perempuan merupakan target utama dari berbagai macam produk, khususnya bagi produk Susu Hilo Soleha. Susu ini hadir sebagai susu mineral alami untuk konsumen yang kurang mendapatkan sinar matahari. Diformulasikan khusus dengan kandungan vitamin D yang lebih tinggi dan diperuntukkan bagi perempuan berhijab yang kurang mendapat sinar matahari agar tetap aktif dan sehat berkegiatan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes. Penulis akan meneliti iklan susu Hilo Soleha yang ada di situs YouTube kemudian menganalisis tanda verbal dan non verbal didalamnya dan lewat makna denotasi, konotasi dan akhirnya muncullah mitos dalam iklan tersebut yang dipengaruhi oleh kebiasaan masyarakat yang ada. Hasil penelitian menunjukkan penanda dan petanda dalam iklan tersebut memperlihatkan gaya hidup perempuan berhijab masa kini yang peduli akan kesehatannya karena meskipun menggunakan busana tertutup namun tetap aktif dan enerjik dalam menghasilkan suatu karya yang bermanfaat bagi orang lain. Kata Kunci: Semiotika Roland Barthes, Gaya Hidup, Perempuan berhijab, Iklan, YouTube

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Semiotika Roland Barthes, Gaya Hidup, Perempuan berhijab, Iklan, YouTube
Subjects: Business > Advertising
Management > Business Plan > Business > Advertising
Marketing > Advertising
Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: ELIZABETH DYAH LISTYANINGRUM
Date Deposited: 05 Sep 2017 04:00
Last Modified: 05 Sep 2017 04:00
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/945

Actions (login required)

View Item View Item