ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA TAICHAN GORENG TEBET

Wahyuni, Mutiara (2019) ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA TAICHAN GORENG TEBET. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (454kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01 BAB I - BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (824kB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Antrian merupakan suatu fenomena yang hampir dihadapi seluruh orang, barang, atau komponen yang harus menunggu hingga memperoleh suatu pelayanan. Antrian juga sering terjadi di beberapa supermarket, stasiun hingga restoran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah sistem antrian yang diterapkan sudah efisien dengan membandingkan hasil pengamatan. Metode penelitian adalah metode deskriptif dimana penulis menggambarkan kondisi perusahaan sesuai dengan hasil pengamatan dan wawancara terhadap pihak Sate Taichan Goreng Tebet. Berdasarkan data penelitian dilakukan uji kesesuaian tingkat kedatangan Poisson dan tingkat pelayanan eksponensial. Struktur antrian yang terjadi adalah Single Channel- Single Phase. Disiplin antrian yang diterapkan adalah First Come First Served. Jumlah kedatangan pelanggan dalam sistem adalah tidak terbatas (infinite). Notasi yang berlaku dalam model antrian layanan adalah (M/M/1):(FIFO/~/~). Rata-rata tingkat kesibukan pelayanan pukul 11:00 – 23:00 WIB sebesar 98% menunjukkan sudah optimal bila merujuk menurut Russel dan Taylor dalam Nur Fitria Utami (2014) yaitu penggunaan mesin yang optimal adalah 80% sampai 100%. Namun menurut penelitian Taha (2011) jumlah antrian yang panjang dapat memungkinkan perilaku renege dan balk pada pelanggan. Oleh karena itu, penulis memberikan saran untuk melakukan penambahan kapasitas pelayanan pada Taichan Goreng Tebet.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Antrian, Model Antrian, Sate Taichan ‘Goreng’ Tebet
Subjects: Management > Corporate Strategy
Management > Personnel Management
Management > Mangement Quality Control
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen
Depositing User: Mutiara Wahyuni
Date Deposited: 28 May 2019 06:48
Last Modified: 28 May 2019 06:48
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2352

Actions (login required)

View Item View Item