KOMODIFIKASI PRIVASI PADA PROGRAM VARIETY SHOW PESBUKERS DI ANTV

Nazila, Fitriadinda (2016) KOMODIFIKASI PRIVASI PADA PROGRAM VARIETY SHOW PESBUKERS DI ANTV. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00 cover.pdf - Submitted Version

Download (938kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01 BAB I - III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (846kB) | Request a copy
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy

Abstract

Program televisi Indonesia cukup berkembang. Tak jarang, kita menemukan banyak hal-hal baru pada program-program televisi yang ada. Mulai dari konten berisi informasi, edukasi, hiburan, gaya hidup, bahkan realitas kehidupan privasi selebriti. Meski berkaitan dengan privasi, kehidupan pribadi selebriti masih menarik bagi penonton bahkan dijadikan konten pada sebuah program. Komodifikasi adalah salah satu teori yang sangat sering digunakan pada konten-konten program televisi di Indonesia. Komodifikasi merupakan proses mengubah nilai pakai menjadi nilai tukar. Komodifikasi terdapat pada program-program televisi, salah satunya adalah Pesbukers yang tayang di ANTV. Setting-an cerita, privasi selebriti, guyonan, dan informasi yang dicampur dengan hiburan, banyak dijumpai pada tayangan yang berdurasi 1 jam 30 menit ini. Selain melakukan komodifikasi, Pesbukers juga menggunakan konten privasi artis yang bertujuan untuk mencari keuntungan semata. Penelitian ini bertujuan untuk memperlihatkan bagaimana kru Pesbukers melakukan Komodifikasi Privasi sebagai konten program. Maka penelitian ini menganalisis masalah tersebut dengan menggunakan teori komodifikasi yang dikembangkan oleh Vincent Mosco dengan data Primer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media melakukan komodifikasi program untuk menarik perhatian audience dengan cara menggali privasi artis untuk mencapai keuntungan perusahaan semata. Kata Kunci : Komodifikasi, Privasi, Pesbukers, Variety Show, televisi

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Komodifikasi, Privasi, Pesbukers, Variety Show, televisi
Subjects: Communication Science
Communication Science > Mass Media Communication
Communication Science > Mass Media
Communication Science > Political Communication
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: NAZILA FITRIADINDA
Date Deposited: 09 Sep 2016 08:26
Last Modified: 09 Sep 2016 08:26
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/320

Actions (login required)

View Item View Item