Kampanye Public Relations dalam Mensosialisasikan 3 Values (Trust, Care dan eAZy) untuk Menggambarkan Sikap Positif Karyawan (Studi Kasus Kampanye Internal “Happy Life Made eAZy” Allianz Life Indonesia)”

Irbawantie, Annita Putri (2020) Kampanye Public Relations dalam Mensosialisasikan 3 Values (Trust, Care dan eAZy) untuk Menggambarkan Sikap Positif Karyawan (Studi Kasus Kampanye Internal “Happy Life Made eAZy” Allianz Life Indonesia)”. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[img]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (370kB) | Preview
[img] Text (BAB I - III)
01. BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (42kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy

Abstract

Dalam sebuah perusahaan atau lembaga, Corporate Communication merupakan pihak yang beperan penting atas segala bentuk komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan yang dilakukan oleh perusahaan terhadap publik, termasuk sebagai sarana untuk membangun sistem komunikasi internal yang baik antar karyawan. Allianz Life Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang memiliki Corporate Communication serta menjalankan kegiatan yang mengacu pada kampanye public relations untuk internal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran sikap positif karyawan Allianz Life Indonesia yang terbentuk melalui pelaksanaan program kampanye internal public relations “Happy Life Made eAZy” yang mengangkat tiga values (Trust, Care, eAZy). Analisis penelitian ini menggunakan media komunikasi internal oleh Smith, messages stategies and statements oleh Newsom dan sikap oleh Wibowo. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta menggunakan wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa face to face communications, email dan intranet merupakan media komunikasi internal yang cukup efektif dalam penyampaian pesan perusahaan terhadap seluruh karyawan. Dalam menjalankan sebuah kegiatan, perancangan pesan yang baik juga diperlukan untuk memberikan peluang lebih besar terhadap keberhasilan akan penerimaan pesan tersebut bagi karyawan. Hal tersebut juga berlaku pada sebuah pelaksanaan kampanye internal public relations, agar pesan tersebut mampu diterima oleh seluruh karyawan, maka internal corporate communication harus menyusun pesan sesuai dengan visi perusahaan, menarik perhatian, sederhana, simpel dan dapat diaplikasikan ke berbagai media internal perusahaan. Dengan menggunakan media komunikasi internal yang efektif serta perencanaan pesan yang baik, maka kampanye internal public relations “Happy Life Made eAZy” yang didalamnya terdapat tiga values (Trust, Care, eAZy) serta dijalankan oleh internal corporate communication Allianz Life Indonesia memberikan hasil terkait dengan sikap positif karyawan yang terlihat dari rasa emosional positif, keyakinan, solidaritas, kekeluargaan dan kepedulian hingga tindakan positif yang terbentuk antar karyawan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: corporate communication, kampanye public relations, internal corporate communication
Subjects: Communication > Corporate Communication
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Annita Putri Irbawantie
Date Deposited: 25 Aug 2020 10:34
Last Modified: 25 Aug 2020 10:34
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3748

Actions (login required)

View Item View Item