ANALISIS STRATEGI CYBER PUBLIC RELATIONS DALAM PROSES PEMBENTUKAN PERSONAL BRANDING PSIKIATER MELALUI INSTAGRAM (Studi Netnografi: @jiemiardian)

Nuraisyah, Adella Fitri (2020) ANALISIS STRATEGI CYBER PUBLIC RELATIONS DALAM PROSES PEMBENTUKAN PERSONAL BRANDING PSIKIATER MELALUI INSTAGRAM (Studi Netnografi: @jiemiardian). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00.cover.pdf - Submitted Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (777kB)

Abstract

Tingginya jumlah kasus gangguan kejiwaan dan kematian akibat penyakit psikis di Indonesia mencerminkan bahwa penanganan kesehatan mental belum tertangani dengan baik. Hal ini diakibatkan oleh stigma negatif dan masih minimnya literasi yang dimiliki masyarakat terkait isu kesehatan mental. Adanya kondisi tersebut, dibutuhkan seorang ahli yang dapat menjelaskan pemahaman terkait pengetahuan kesehatan mental dengan komunikasi yang efektif. Agar pesan yang dibuat sampai kepada target audience, maka pengemasan pesannya harus kreatif dan nantinya dapat memberikan pengaruh secara personal. Selain itu, dibutuhkan media yang tepat untuk menyampaikan pesan tersebut kepada target audiens. Tujuan penelitian ini ingin meneliti bagaimana strategi Cyber PR dalam proses pembentukan personal branding psikiater melalui media sosial Instagramnya @jiemiardian. Penelitian ini menggunakan Cyber PR oleh Childs, serta authentic personal branding dari Rampersad, dengan metode penelitian netnografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari sebelas kriteria Authentic Personal branding, ditemukan tujuh kriteria yakni specialization, authority, visibility, relevant, persistence, goodwill, dan performance. Selain itu, dr. Jiemi ternyata tidak berniat untuk membentuk personal branding melalui media sosial, melainkan hanya ingin berbagi pengetahuan, meningkatkan kesadaran, dan mengubah stigma negatif masyarakat terhadap kesehatan mental dan Psikiater, dimana ingin dipersepsikan sebagai ‘Psikiater yang dekat’. Oleh sebab itu, pola komunikasi dan interaksi yang dilakukan dr. Jiemi adalah bersahabat, natural, netral, dan realistis dengan masyarakat. Kesan postif yang mendalam dari dr. Jiemi ini juga yang mendorong audiens untuk follow Instagramnya secara sukarela. Kata Kunci: Cyber PR, authentic personal branding, @jiemiardian, literasi media, psikiater

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Cyber PR, authentic personal branding, @jiemiardian, literasi media, psikiater
Subjects: Communication Science > Digital Communication
Communication Science > Multimedia Production
Communication Science > Public Relations
Communication Science > Social Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Adella Fitri Nuraisyah
Date Deposited: 25 Sep 2020 02:45
Last Modified: 25 Sep 2020 02:45
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4105

Actions (login required)

View Item View Item