Motivasi Konsumen Menggunakan Fitur Rekomendasi Playlist di Spotify dalam Pemilihan Lagu

Herputra, Revano (2021) Motivasi Konsumen Menggunakan Fitur Rekomendasi Playlist di Spotify dalam Pemilihan Lagu. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-IIII] Text (BAB I-IIII)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (273kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari bagaimana konsumen melakukan suatu perilaku yang berbeda-beda terhadap penggunaan fitur pada aplikasi. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mendeskripsikan bagaimana motivasi konsumen menggunakan fitur rekomendasi playlist pada aplikasi streaming musik digital Spotify. Penelitian ini dilakukan berdasarkan teori motivasi konsumen yang dikemukakan oleh Maslow dalam Fadilla dan Lestari yang dikaitkan dengan teori information seeker yang dicetuskan oleh Yusup. Motivasi konsumen tersebut dibagi menjadi dua yakni motivasi rasional dan motivasi emosional dalam keputusannya menggunakan fitur pada suatu aplikasi aplikasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian kali ini dilakukan dengan wawancara mendalam kepada sembilan pengguna aplikasi Spotify serta fitur rekomendasi playlist yang tersedia pada Spotify. Wawancara dilakukan melalui media jejaring sosial seperti Whatsapp dan Line. Format wawancara dilakukan dengan chat serta voice note. Didapatkan beragam motivasi konsumen saat menggunakan rekomendasi playlist sebagai media pemilihan lagu. Kesimpulan yang didapatkan adalah Pengguna menggunakan fitur rekomendasi playlist secara motivasi rasional yakni lebih kepada untuk mencari lagu lebih mudah karena lengkapnya kategori yang disediakan oleh Spotify pada fitur tersebut. Motivasi emosional yang ditunjukan pada pengguna yakni menggunakan rekomendasi playlist sebagai media untuk memperbaiki suasana hati. Selain itu, pengguna tidak hanya menggunakan fitur rekomendasi playlist hanya untuk mencari preferensi lagu baru. Berbagai motivasi pengguna dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kebudayaan, sosial, pribadi, dan psikologi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: : rekomendasi playlist, motivasi konsumen, information seeker
Subjects: Marketing > Commercial Products
Communication Science > Semiotics and Consumer Culture
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Revano Herputra
Date Deposited: 25 Aug 2021 01:24
Last Modified: 25 Aug 2021 01:24
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4996

Actions (login required)

View Item View Item