Herputra, Revano (2021) Motivasi Konsumen Menggunakan Fitur Rekomendasi Playlist di Spotify dalam Pemilihan Lagu. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (COVER)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (194kB) | Preview |
Text (BAB I-IIII)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (416kB) |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (796kB) |
|
Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (39kB) |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (34kB) | Preview |
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (273kB) |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari bagaimana konsumen melakukan suatu perilaku yang berbeda-beda terhadap penggunaan fitur pada aplikasi. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mendeskripsikan bagaimana motivasi konsumen menggunakan fitur rekomendasi playlist pada aplikasi streaming musik digital Spotify. Penelitian ini dilakukan berdasarkan teori motivasi konsumen yang dikemukakan oleh Maslow dalam Fadilla dan Lestari yang dikaitkan dengan teori information seeker yang dicetuskan oleh Yusup. Motivasi konsumen tersebut dibagi menjadi dua yakni motivasi rasional dan motivasi emosional dalam keputusannya menggunakan fitur pada suatu aplikasi aplikasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian kali ini dilakukan dengan wawancara mendalam kepada sembilan pengguna aplikasi Spotify serta fitur rekomendasi playlist yang tersedia pada Spotify. Wawancara dilakukan melalui media jejaring sosial seperti Whatsapp dan Line. Format wawancara dilakukan dengan chat serta voice note. Didapatkan beragam motivasi konsumen saat menggunakan rekomendasi playlist sebagai media pemilihan lagu. Kesimpulan yang didapatkan adalah Pengguna menggunakan fitur rekomendasi playlist secara motivasi rasional yakni lebih kepada untuk mencari lagu lebih mudah karena lengkapnya kategori yang disediakan oleh Spotify pada fitur tersebut. Motivasi emosional yang ditunjukan pada pengguna yakni menggunakan rekomendasi playlist sebagai media untuk memperbaiki suasana hati. Selain itu, pengguna tidak hanya menggunakan fitur rekomendasi playlist hanya untuk mencari preferensi lagu baru. Berbagai motivasi pengguna dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kebudayaan, sosial, pribadi, dan psikologi.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : rekomendasi playlist, motivasi konsumen, information seeker |
Subjects: | Marketing > Commercial Products Communication Science > Semiotics and Consumer Culture Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Revano Herputra |
Date Deposited: | 25 Aug 2021 01:24 |
Last Modified: | 25 Aug 2021 01:24 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4996 |
Actions (login required)
View Item |