BERMAIN DENGAN GENDER : SEBUAH ANALISIS SEMIOTIKA TERHADAP PRAKTIK CROSSDRESSING DALAM IKLAN APLIKASI KARAOKE STARMAKER

Abiansyah, Ahmad (2022) BERMAIN DENGAN GENDER : SEBUAH ANALISIS SEMIOTIKA TERHADAP PRAKTIK CROSSDRESSING DALAM IKLAN APLIKASI KARAOKE STARMAKER. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of cover]
Preview
Text (cover)
00 cover.pdf - Submitted Version

Download (636kB) | Preview
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04 BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (740kB) | Request a copy

Abstract

Gender merupakan sebuah nilai-nilai sosial yang telah dibentuk sejak lama oleh lingkungan sosial budaya tentang peran fungsi sosial dari seorang laki-laki maupun wanita. Nilai yang telah dibentuk sejak lama tersebut pun menjadi acuan standar dari sosok laki-laki dan wanita itu sendiri. Namun, untuk pelaku cosplayer nilai-nilai tersebut tidak berlaku. Pelaku cosplay seakan bebas berekspresi memainkan peran gender yang telah dibentuk sejak lama. Pelaku cosplay dengan bebasnya memainkan peran sosok sebagai aktor, penyanyi, karakter anime dan lain sebagainya meskipun tokoh yang diperagakannya berseberangan dengan jenis kelamin aslinya. Gender ini pun dijadikan ide dari iklan-iklan yang mengusung sebuah konsep gender. Dalam penelitian ini peneliti memilih iklan yang mengusung konsep bermain dengan gender yang terdapat pada iklan aplikasi karaoke Starmaker. Jenis penelitian ini ialah kualitatif dengan menggunakan metode semiotika Charles Sanders Peirce dalam menganalisis tanda-tanda yang menggambarkan gender yang ada dalam iklan tersebut.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Gender, Crossdress Cosplay, Iklan, Semiotika
Subjects: Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ahmad Abiansyah
Date Deposited: 12 May 2022 04:08
Last Modified: 12 May 2022 04:08
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6114

Actions (login required)

View Item View Item