EVALUASI PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN RAYA HOS COKROAMINOTO (Studi Kasus: Kawasan Ciledug)

Nurdiyanti, Nabilla (2023) EVALUASI PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN RAYA HOS COKROAMINOTO (Studi Kasus: Kawasan Ciledug). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
(00.Cover.pdf).pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
(01. BAB I-III.pdf).pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
(02. BAB IV.pdf).pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
(03. BAB V.pdf).pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
(04. Daftar Pustaka.pdf).pdf - Submitted Version

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
(05. Lampiran.pdf).pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kinerja jalan biasanya didefinisikan sebagai ukuran kuantitatif yang menggambarkan kondisi aktivitas arus lalu lintas terhadap kapasitas, kecepatan perjalanan maupun kondisi jalan. Oleh karena itu, nilai kapasitas jalan sangat mempengaruhi kinerja jalan. Hambata samping yang besar dapat mengurangi nilai kapasitas, sehingga secara langsung dapat mengurangi tingkat kinerja jalan. Pada jalan HOS Cokromaminoto, hambatan samping yang ada bervariasi, baik dari jenis maupun jumlahnya serta sangat mempengaruhi pola pergerakan di dalam ruang kapasitas jalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh hambatan samping tersebut terhadap kapasitas jalan yang mempengaruhi kinerja jalan. Hasil dari penelitian dapat dimanfaatkan untuk menentukan prioritas penanganan hambatan samping dengan menggunakan dua analisis data, yaitu analisis tingkat kepuasan pengguna jalan yang didapat dari penyebaran kuesioner online untuk pengguna jalan dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI), dan analisis tingkat pelayanan didapat dari survey langsung dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) dan analisis regresi. Berdasarkan hasil perhitungan tingkat pelayanan jalan nilai derajat kejenuhan terbesar pada arah selatan yaitu pada hari Senin pukul 17:15 – 18:15 yaitu sebesar 0,7649, sedangkan nilai derajat kejenuhan terbesar pada arah utara yaitu pada hari Senin pukul 17:00 – 18:00 yaitu sebesar 0,7823. Berdasarkan hasil analisis data tingkat pelayanan jalan dan tingkat kepuasan pengguna jalan dapat disimpulkan hambatan samping yang paling berpengaruh terhadap kinerja jalan yaitu kendaraan parkir atau berhenti dan pedagang kaki lima di sepanjang bahu jalan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Kinerja jalan, tingkat kepuasan pengguna jalan, tingkat pelayanan jalan, hambatan samping
Subjects: Civil Engineering
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Nabilla Nurdiyanti
Date Deposited: 17 Feb 2023 10:55
Last Modified: 17 Feb 2023 10:55
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/7191

Actions (login required)

View Item View Item