Consumer Imagery Berbasis Kearifan Lokal Pada Institusi Pemerintah

Agustini, Prima Mulyasari (2012) Consumer Imagery Berbasis Kearifan Lokal Pada Institusi Pemerintah. In: Seminar Nasional Menggagas Pencitraan Berbasis Kearifan Lokal, 26 September 2012, Purwokerto.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
Prosiding Nasional_Consumer Imagery Berbasis Kearifan Lokal pada Insititusi Pemerintah_compressed.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pencitraan tak hanya milik lembaga-lembaga swasta. Institusi pemerintah pun, dalam menjaJankan fungsinya sebagai penyedia pelayanan publik. perlu mengedepankan aspek citra. Konsumen dalam 'institusi pemerintah, yakni masyarakat dan pihak swasta, perlu diedukasi untuk membentuk consumer imagery yang positif dan favourobre. lnstitusl pemerintah, sebagai stimulan dan inisiator dalam melakukan program-program pencitraan, perlu menyentuh aspek-aspek keunggulan institusi dengan tetap berbasis pada ikearifan lokal. Consumer image,yberbasis kearifan lokal dapat dilakukan dengan melakukan sentuhan pada aspek perceived risk, perceived quality, danposisi pelayanan pada benak stakeholder. Dengan mengedepankan kearifan lokal yang ada dalam kehidupan masyarakat, dan menjelmakan nilai-nilai ini sehagai nilai substantif dalam praktek institusi pemerintah, maka akan memberi kontribusi padagood governance. Hal ini terjadi, karena unsur penyelenggara !)emerintahan senantiasa menjaga dan mengirnplementasikan kearifan !oka] masyarakat yang akan mernbawa iilsitusi pemerintah menjadi institusi yang terpercaya, kredibel, dan memiliki reputasi yang baik. Internalisasi nilai-nilai kearifan lokal dalam membangun pelayanan publik dalam rangka consumer imagery yang positif, dapat mendorong motivasi kerja unsur pemerintahan dan menjadi kontrol sosial. Selain itu, unsur penyelenggara pemerintahan dan penyelenggara pelayanan publik akan saling memanusiahm, mengingatkan, dan menghargai. Dengan demiki;in, consumer imagery yangfavourable dapat terbentuk pada benak masyarakat dan pihak swasta

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: consumer Imagery, perceived f'lsk, perceived quality, posisi lasa, kearlfan lokal. good gover,u111ce
Subjects: Customer Behavior
Customer Satisfaction
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ahmad Yani
Date Deposited: 21 Mar 2023 09:23
Last Modified: 28 Mar 2023 01:28
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/7677

Actions (login required)

View Item View Item