HUBUNGAN "KENYAMANAN LAYANAN" BAKRIE TELECOM TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ESIA DI TANGERANG

HERMAWAN, IVAN (2010) HUBUNGAN "KENYAMANAN LAYANAN" BAKRIE TELECOM TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ESIA DI TANGERANG. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
MNJ 15. IVAN HERMAWAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kenyamanan layanan dari PT. Bakrie Telecom terhadap kepuasan pelanggan Esia di Tangerang dengan menerapkan gagasan Berry dkk. (2002) mengenai "Konstruksi Kenyamanan Layanan sebagai landasan dari test empiris pengukuran kepuasan pelanggan. Studi ini melakukan tes uji empiris terhadap lima konstruksi kenyamanan dan pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan produk Esia, dalam hal: 1) Pelanggan Esia terhadap konstruksi kenyamanan mengambil keputusan (decision convenience} untuk memakai produk Esia; 2) Pelanggan Esia terhadap konstruksi kemudahan akses (access convenience) pads produk Esia; 3) Pelanggan Esia terhadap konstruksi kenyamanan transaksi (transaction convenience); 4) Pelanggan Esia terhadap konstruksi kenyamanan dari Maanfaat (benefit convenience) dari penggunaan produk Esia, dan 5) Pelanggan Esia terhadap konstruksi pasca-manfaat kenyamanan (post benefit conveneice) dari pemakaian produk Esia. Dalam studi ini tingkat kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh lima konstruksi kenyamanan (convenience constructs) di atas. Analisa kuantitatif untuk model di atas mengikuti kerangka Structural Equation Modeling (SEM) sebagaimana pertama kali dikenalkan oleh Anderson dan Gerbing (1988}, dan dianalisa dengan software Amos Versi 7. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hubungan kenyamanan layanan yang diberikan oleh PT Bakrie Telecom terhadap kepuasan pengguna Esia sangat signifikan. lmplikasi manajerial penting dari studi ini antara lain adalah bahwa perkembangan pelanggan Esia yang cukup pesat sangat dimungkinkan karena kenyamanan layanan yang sudah diberikan seperti saat ini. Namun adanya tingkat nomor hangus yang cukup tinggi harus divalidasi agar penyebab terjadinya hat tersebut dapat lebih akurat diketahui.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Subjects: Customer Satisfaction
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen
Depositing User: Ahmad Yani
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:23
Last Modified: 06 Feb 2024 03:23
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/8989

Actions (login required)

View Item View Item