Hermawan, Miranda Sava (2024) ANALISIS WACANA MEREK KOPIKO MELALUI BRANDED ENTERTAINMENT DALAM DRAMA SERIES “Hometown ChaChaCha”. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version Download (238kB) |
|
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (134kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (134kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Permen Kopiko adalah salah satu merek yang menggunakan strategi pemerekan dan komunikasi pemasaran yang berbeda dalam mengenalkan produk mereka. Menggunakan metode Brand Discourse Analysis (BDA) Wijaya, dengan elemen – elemen yang berada didalamnya yaitu: Brand’s Message (promo, promise, prominence), Brand’s Mode (strategy, style, story), Brand’s Medium (channel, chain, clique), dan Brand’s Milieu (climate, context, culture), penelitian ini merupakan metode khusus untuk menganalisa suatu wacana merek. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa adanya upaya Kopiko dalam melakukan isi pesan dan respon khalayak, internalisasi, intermediasi, dan kontekstualisasi wacana “Kopiko Gantinya Kopi” dalam dialog dan alur cerita pada drama series “Hometown ChaChaCha”. Efek viral dan menjadi bahan perbincangan netizen membuat kesuksesan strategi promosi Kopiko dalam drama korea Kembali, setelah kemunculan awalnya pada 2021 dalam drama Vincenzo. Adapaun penyesuaian korelasi budaya antara budaya masyarakat Korea Selatan dalam kecintaanya terhadap kopi dengan permen Kopiko yang membuat penggunaan strategi promosi ini tepat dilakukan. Strategi promosi merek melalui Branded entertainment yang dilakukan oleh Kopiko dapat dijadikan inspirasi oleh brand lain untuk membuat terobosan yang baru dalam menyajikan sebuah promosi pada drama korea.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi Merek, Intermediasi Merek, Kontekstualisasi Merek, Wacana Merek |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Marketing Communications Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Miranda Sava Hermawan |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 04:36 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 04:36 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10120 |
Actions (login required)
View Item |