ANALISIS WACANA MEREK KOPIKO MELALUI BRANDED ENTERTAINMENT DALAM DRAMA SERIES “Hometown ChaChaCha”

Hermawan, Miranda Sava (2024) ANALISIS WACANA MEREK KOPIKO MELALUI BRANDED ENTERTAINMENT DALAM DRAMA SERIES “Hometown ChaChaCha”. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (238kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (134kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Permen Kopiko adalah salah satu merek yang menggunakan strategi pemerekan dan komunikasi pemasaran yang berbeda dalam mengenalkan produk mereka. Menggunakan metode Brand Discourse Analysis (BDA) Wijaya, dengan elemen – elemen yang berada didalamnya yaitu: Brand’s Message (promo, promise, prominence), Brand’s Mode (strategy, style, story), Brand’s Medium (channel, chain, clique), dan Brand’s Milieu (climate, context, culture), penelitian ini merupakan metode khusus untuk menganalisa suatu wacana merek. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa adanya upaya Kopiko dalam melakukan isi pesan dan respon khalayak, internalisasi, intermediasi, dan kontekstualisasi wacana “Kopiko Gantinya Kopi” dalam dialog dan alur cerita pada drama series “Hometown ChaChaCha”. Efek viral dan menjadi bahan perbincangan netizen membuat kesuksesan strategi promosi Kopiko dalam drama korea Kembali, setelah kemunculan awalnya pada 2021 dalam drama Vincenzo. Adapaun penyesuaian korelasi budaya antara budaya masyarakat Korea Selatan dalam kecintaanya terhadap kopi dengan permen Kopiko yang membuat penggunaan strategi promosi ini tepat dilakukan. Strategi promosi merek melalui Branded entertainment yang dilakukan oleh Kopiko dapat dijadikan inspirasi oleh brand lain untuk membuat terobosan yang baru dalam menyajikan sebuah promosi pada drama korea.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Merek, Intermediasi Merek, Kontekstualisasi Merek, Wacana Merek
Subjects: Communication Science
Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miranda Sava Hermawan
Date Deposited: 30 Aug 2024 04:36
Last Modified: 30 Aug 2024 04:36
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10120

Actions (login required)

View Item View Item