Pengaruh Keberadaan Informasi di Media Sosial Instagram @kompastv Terhadap Minat Generasi Z dalam Menonton Tayangan Berita Kompas TV (Studi Pada Mahasiswa Aktif Peminatan Jurnalistik di Universitas Bakrie 2024).

Maulana, Andre Fahreza (2024) Pengaruh Keberadaan Informasi di Media Sosial Instagram @kompastv Terhadap Minat Generasi Z dalam Menonton Tayangan Berita Kompas TV (Studi Pada Mahasiswa Aktif Peminatan Jurnalistik di Universitas Bakrie 2024). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf - Accepted Version

Download (433kB)
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (845kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (288kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy

Abstract

Pada tahun 2024, dunia berada pada era digital yang dipicu oleh perkembangan internet, memungkinkan komunikasi dan akses informasi melalui platform media sosial seperti Instagram. Instagram merupakan media sosial yang cukup populer di Indonesia, hal ini ditandai dengan Instagram yang telah menempati posisi kedua di Indonesia. Sehingga membuka peluang baru pada industri media seperti yang dilakukan oleh akun Instagram @kompastv. Hingga Juli 2024 akun Instagram @kompastv memiliki 2,1 juta pengikut yang sangat aktif dalam menyebarkan informasi setiap harinya dengan range 40-50 konten informasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh keberadaan informasi di media sosial Instagram @kompastv terhadap minat generasi z dalam menonton tayangan berita Kompas TV (Studi Pada Mahasiswa Aktif Peminatan Jurnalistik di Universitas Bakrie tahun 2024). Selanjutnya penelitian ini menggunakan teori uses and gratification dimana seseorang menikmati isi yang disampaikan oleh media secara aktif memilih dan menggunakan media yang sesuai dengan kebutuhannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan link kuesioner melalui google forms kepada seluruh responden. Populasi dalam penelitian ini yakni mahasiswa aktif Jurnalistik di Universitas Bakrie tahun 2024 sebanyak 107. Sampel yang didapatkan pada penelitian ini sebanyak 84 responden. Pengujian data menggunakan software SPSS versi 25. Hasil uji hipotesis pada penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat pengaruh keberadaan informasi di media sosial Instagram @kompastv terhadap minat generasi z dalam menonton tayangan berita Kompas TV. Hasil penelitian menunjukkan nilai t hitung sebesar (-9,231) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 menandakan bahwa variabel media sosial berpengaruh terhadap minat menonton. Nilai koefisien variabel media sosial pada analisis regresi sebesar (-0,699) dengan arah negatif, menandakan bahwa arah hubungan variabel media sosial terhadap minat menonton adalah negatif atau bertolak belakang. Sehingga uji analisis statistik pada penelitian ini menyimpulkan bahwa media sosial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat menonton.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Instagram, Minat Menonton, Uses and Gratification.
Subjects: Communication Science > Journalism
Communication Science > Social Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Andre Fahreza Maulana
Date Deposited: 31 Aug 2024 02:57
Last Modified: 31 Aug 2024 02:57
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10204

Actions (login required)

View Item View Item